TOLONGLAH AGAMA ALLAH

TOLONGLAH AGAMA ALLAH
( Andi Abi Abdullah)



Sahabatku ahli hikmah,
Kita sering mendengar perbincangan mengenai surat Muhammad ayat 7 yang berbunyi :
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ تَنْصُرُوا اللَّهَ يَنْصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ أَقْدَامَكُمْ
Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.
Kenapa Allah membutuhkan pertolongan ?
kenapa Agama Allah membutuhkan pertolongan? Bukankah yg menjaga Allah?....
saya tidak akan berpanjang lebar dengan berbagai tafsir yang ada, namun saya mengajak antum semua memahami gambaran begini, Ada si fulan datang kerumah sekedar untuk silaturohim, setelah menjelang pamit kita beri sifulan ini uang Rp.50.000.- padahal beliau tidak meminta.  Setelah itu datang si Fulanah datang kerumah menceritakan kalau pagi ini belum bisa memasak karena sudah tidak memiliki apa apa untuk dimasak, uang juga tidak punya, kemudian kita memberinya uang Rp.50.000.-
sekarang mari kita rasakan, saat memberi uang ke sifulan ‘rasa’nya bagaimana? Ketika memberi si fulanah rasanya bagaimana?
Tentu akan sangat berbeda, begitu terasa kuat, membekas, ada rasa emasional yg lebih saat kita memberi uang tersebut kepada si fulanah.
Maka barang kali ini juga yg diharapkan Allah terhadap kita, saat menjalankan “kerja” ibadah dalam bentuk megikuti taklim atau mengisi taklim, saat berbagi, saat menghadiri halaqoh, saat membantu sesama dan sebagainya. Ada kekuatan rasa yang lebih dari sekedar melakukan, ada kekuatan emosional yang menyertainya, Ghiroh yang kuat untuk mengalahkan kesibukan, kemalasan, dan beribu alasan yang sudah seringkali kita gunakan untuk menghindar dari kerja dakwah ini.
Karena itu wahai sahabatku ahli hikmah, mari kita lembutkan hati, perbaiki niat, dan tanamkan dalam benak kita bahwa Agama ini membutuhkan pertolongan kita, agar semangat kembali menyala, agar niat makin kuat, agar langkah kita semakin ringan dan bertenaga. Kemudian gandeng muslim yg lain, bersama sama saling menguatkan dan mengingatkan, menuju perbaikan dari apa yang bisa kita lakukan.
Tolonglah agama Allah, bukan karena Ia membutuhkan pertolongan, tapi karena kita membutuhkan menolong agama ini,
Semoga kita semua kembali rapi dalam barisan , satu dalam gerak, bercita cita sama, menggapai ridho Ilahi. Amin.






Komentar