HIDUP ADALAH UJIAN

HIDUP ADALAH UJIAN
( Andi Abi Abdullah )

Hidup adalah ujian sahabat,
Apapun kondisimu, itu adalah bentuk ujian dari Allah untuk melihat seberapa besar iman bersemayam didalam hati
Harta yang melimpah apakah membuatmu rajin bersyukur? Makin taat kepada Allah?
Di himpit kesulitan apakah membuatmu bersabar dan memohon hanya kepada Allah?
Bergaul dengan orang sholeh, apakah engkau mengambil pelajaran darinya?
Bergaul dengan pelaku maksiyat apakah membuatmu selalu berhati hati terjerumus? Atau kita merasa suci dan alim?
Orang lain bersikap hormat dan santun kepada kita, apakah membuat kita merasa besar?
Orang lain kasar dan tak beretika, apakah kita membalas dengan sikap yang sama?
Dan masih banyak lagi, kejadian yang ada di sekitar kita dan sesungguhnya adalah ujian dari Allah apakah kita mampu mengambil pelajaran darinya atau tidak.

Hidup adalah ujian sahabat,
Kami mengujimu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Dan kamu akan dikembalikan hanya kepada Kami.” (QS. Al-Anbiyaa: 35)
Baik buruk, sehat sakit, halal haram, semua adalah bagian dari cara Allah untuk melihat seberapa istiqomah kita dengan syahadat yang di ucapkan, seberapa yakin  kepada-Nya. Karena dari proses itu kemudian kita akan mendapatkan balasan sesuai dengan kualitas yang dimiliki.
Apa yang kita miliki saat ini, baik ilmu, harta, sehat, keluarga, lingkungan adalah ujian Allah, dengan itu semua apakah yang kita perbuat?
Apa yang tidak kita miliki adalah ujian dari Allah, apakah  bisa bersabar, tidak mengambil apa yang dimiliki orang lain dengan cara batil, tidak menghujat, tidak mengupayakan dengan cara salah, atau malah memotivasi kita dengan cara yang benar untuk meraihnya.

Hidup adalah ujian sahabat,
Kapan ujian ini akan berakhir? Ketika kualitas kita sudah diketahui, dan tulisan takdir sudah terpenuhi,  hingga surga dan neraka yang Allah siapkan terasa adil oleh kita, karena memang kesitulah tempat yang sesuai unytuk kualitas kita.


Komentar