*KEMATIAN SEDANG MENANTIMU*

*KEMATIAN SEDANG MENANTIMU*
_Andi Abi Abdullah_

Sahabat ku semua,
Pagi ini seorang Ustadzah Pesantren Darul Quran Mulia *Ustadzah istikhoroh* meninggal dalam usia muda., semoga almarhum yang begitu cinta dengan Alquran akan dicintai Allah dan terjaga dengan Alquran, hingga ditempatkan di tempat yang mulia disisi Allah. Amin.

Usia beliau masih muda, namun kematian seringkali dating menjumpai kita bukan Karena usia
Sering kali kita berfikir bahwa jatah hidup normal manusia adalah 60an atau 70an tahun, sehingga ketika umur kita masih cukup jauh dari itu maka merasa aman akan datangnya hari kematian.
rasa masih jauh ini yang membuat kita berleha leha dalam beribadah, atau bahkan berani untuk melakukan maksiat kecil (maksiat besar?) berfikir toh masih cukup waktu untuk bertobat
.
Ingatlah sahabatku ,
 kematian adalah rahasia Allah yang dirahasiakan dari kita atas 3 hal :
   1. Waktu.
        kita tidak pernah diberitahu kapan waktunya kematian itu datang, mungkin esok hari, minggu depan, bulan depan atau bahkan sesaat setelah membaca tulisan ini, waktu itu adalah rahasia Allah yang tersimpan rapi tanpa siapapun yang tahu, memang kadang ada orang orang tertentu yang mendapatkan firasat sehingga mampu merasakan dan seolah telah mendapatkan pesan bahwa umurnya tidak panjang lagi, tapi orang tersebutpun tidak akan tahu kapan pastinya malaikat maut menjemput.
  2. Tempat.
      Dimana kita akan mengakhiri hidup kita, itu juga rahasia Allah, tidak sedikit sahabat Rosulullah yang selalu berdoa agar meninggal dalam medan perang, dan mereka pun rajin berangkat perang tapi ternyata meninggal di atas tempat tidurnya,  tidak sedikit orang yang meninggal di tempat2 pelacuran, padahal tentunya merekapun tak berharap demikian, tapi amal perbuatan seseorang itu yang salah satunya menghantarkan pada tempat saat akan terjadinya kematian, kembali lagi ini adalah rahasia Allah, dimana Allah tak pernah memberitahukan kepada kita dimana tempat kita akan diangkat ruh dari jasad yang hina ini.
3.  Cara.
     Rahasia ke tiga adalah dengan cara apa kita akan mengakhiri hidup , apakah dengan perantara sakit yg cukup serius, atau dengan sekedar jatuh dikamar mandi, atau dalam kecelakaan yang hebat , itu semua rahasia Allah. saya selalu berharap bahwa Allah dengan rahmatnya memberikan kebaikan kepadaku untuk memberikan waktu tempat dan cara terbaik dalam mengambil ruh ini agar kematian yang pasti akan terjadi ini adalah kematian yang khusnul qotimah.

Sahabatku, coba amatilah apa yang ada dalam diri kita ,
sudah berapa banyak  tanda tanda kematian yang telah Allah kirimkan,
 rambut ini mulai tumbuh uban, kulit ini mulai mengering dan menua, tenaga ini tak lagi sekuat dulu,
 ini adalah pesan yang Allah sampaikan pada kita bahwa, kontrak hidup kita hamper habis ,  waktu yang kita tidak tahu itu kapan, maka  berhati hatilah seolah kematian itu akan segera terjadi,
 banyaklah berbuat baik, dan tinggalkan hal yang sia sia,
jadikan kematian sebagai pengawal dan penjaga prilaku kita sehingga apapun yang kita lakukan adalah hal terbaik dari apa yang pernah kita lakukan , bisa jadi itu yang terakhir kali kita bisa melakukannya.

Surat Al-Munafiqun Ayat 11
Artinya: “Dan Allah sekali-kali tidak akan menangguhkan (kematian) seseorang apabila telah datang waktu kematiannya. Dan Allah Maha Mengenal apa yang kamu kerjakan“.
Perbanyak bekal untuk hari yang sudah pasti,
Siapkan diri untuk peristiwa yang tiba tiba
Jauhi maksiyat agar khusnul khotimah, amin


(teriring doa terbaik untuk Ustadzah Istikhoroh semoga mendapatkan kemuliaan di akherat atas semua jasa jasanya mendidik para santri penghafal alquran, amin )

Komentar