TINGGALKAN YANG SIA SIA


TINGGALKAN YANG SIA SIA
Andi Abi Abdullah


Sahabatku yang ku cintai,
Usia hidup manusia rata rata 60 – 80 tahun, waktu yang sangat singkat untuk menyiapkan diri menuju hidup yang selamanya. Usia tersebut  harus di pergunakan sebaik mungkin agar waktu yang singkat tersebut tidak menjadi sia sia.
Gunakan waktu seproduktif mungkin, produktif dalam arti memiliki nilai ibadah dihadapan Allah.
Hindari perbuatan yang mubah, yang tidak ada pahala di dalamnya
Jauhi perbuatan yang sia sia, yang tidak ada manfaat bersamanya
Tinggalkan perbuatan yang mubadzir, yang menghabiskan waktu namun tak ada pahalanya

Ingatlah bahwa Rasulullah yang begitu sayang kepada kita telah berpesan :
مِنْ حُسْنِ إِسْلاَمِ الْمَرْءِ تَرْكُهُ مَا لاَ يَعْنِيهِ
Di antara kebaikan islam seseorang adalah meninggalkan hal yang tidak bermanfaat” (HR. Tirmidzi no. 2317, Ibnu Majah no. 3976.).

Karena itu mari lebih hati hati lagi dalam memanfaatkan waktu yang kita miliki, renungkan apakah yg sedang kita lakukan tersebut memiliki nilai ibadah atau tidak dihadapan Allah.
Kalaupun niat kita ada ibadah diperbuatan tersebut apakah nilai ibadah itu sebanding dengan kemungkinan maksiat yang terjadi di perbuatan tersebut.
Jangan sampai kita mencari alasan dan pembenaran atau suatu perbuatan, namun sesungguhnya perbuatan tersebut sia sia, atau lebih banyak mudharotnya dibanding manfaatnya. Itu artinya kita membohongi diri kita sendiri.
Sahabatku yang ahli manfaat,
Semoga yang sedikit ini menggugah kita untuk lebih teliti dan hati hati lagi dalam memanfaatkan waktu, pilih yang memiliki banyak manfaat, jauhi yang banyak mudharot, agar usia kita tidak terbuang sia sia, Aamiin.

Siapa yang menghitung-hitung perkataannya dibanding amalnya, tentu ia akan sedikit bicara kecuali dalam hal yang bermanfaat”





Komentar