WAKTU WAKTU MUSTAJAB

 

WAKTU WAKTU MUSTAJAB

Andi Abi Abdullah

 

 

Sahabatku yang rajin berdoa,

Berdoa adalah cara kita berkomunikasi dengan Allah untuk meminta segala kebutuhan  didunia dan akherat. Dalam doa kita meminta sesuatu, dalam doa kita memohon ampun, dalam doa kita bersyukur atas segala pemberian yang telah kita dapatkan. Namun yang tak kalah penting adalah doa merupakan  pengakuan penghambaan diri kepada Rab sang penguasa alam, dengan berdoa kita mengakui sebagai hamba yang tunduk dan patuh terhadap segala ketentuanNya.

Orang yang tidak sama sekali tidak mau berdo’a termasuk kedalam orang- orang yang takabur ( sombong) karena tidak menempatkan Allah Swt sebagai penentu segala sesuatu. ( QS al- Mu’minun :60).

Agar doa kita dikabul oleh Allah maka harus dilakukan dengan khusu’ di tempat yang baik, dan yang paling penting adalah dilakukan di waktu mustajab.

Waktu mustajab adalah waktu utama dalam berdoa, yang saat itu apabila dibacakan doa berpeluang lebih besar dibanding waktu yang lain untuk segera dikabulkan.

Ada beberapa waktu mustajab yang kita perlu tahu sehingga ketika menemui waktu tersebut tidak disia siakan namun dimanfaatkan dengan baik untuk berdoa kepada Allah, diantaranya adalah :

1.   Sepertiga malam terakhir, akan lebih bagus apabila diawali dengan sholat tahajud.

2.   Selesai sholat, karenanya janganlah buru buru meninggalkan jamaah sholat setelah salam, lanjutkan dengan dzikir dan berdoa karena itu waktu mustajab.

3.   Saat berbuka puasa, puasa adalah amalan yang sangat disukai Allah hingga waktu berpuasa oleh Allah ditentukan sebagai waktu mustajab.

4.   Malam lailatul qodar, saat itulah malam terbaik yang nilainya lebih baik dari seribu bulan, ini adalah waktu mustajab.

5.   Saat adzan berkumandang, Rasulullah menyampaikan bahwa itu termasuk waktu mustajab.

6.   Diantara adzan dan iqomat, ini adalah waktu mustajab yang setiap hari kita temui namun belum banyak yang memanfaatkannya, bahkan justru iqomah di percepat.

7.   Ketika turun hujan, hujan adalah rahmat maka berdoalah saat waktu tersebut.

8.   Hari rabu antara dzuhur dan asyar, pada waktu tersebut Rasulullah pernah berdoa dan dikabulkan Allah.

9.   Saat dalam peperangan.

10.                Saat hari jumat, hari jumat adalah hari raya umat islam.

11.                Hari arofah, ketika menjalankan ibadah haji dan berada di padang arofah tanggal 9 dzulhijjah, itulah waktu mustajab untuk berdoa.

12.                Saat sujud dalam sholat. Ini yang menjadi dasar sebagian orang sujud lebih lama di rokaat terakhir.

13.                Saat di dzolimi, orang yang di dzolimi doanya tanpa penghalang langsung menembus langit menuju Allah, maka hati hatilah jangan sampai mendzolimi orang lain.

 

Demikian sahabatku yang rajin berdoa, semoga yang sedikit ini menjadikan kita cerdas dalam memohon kepada Allah, memilih kalimat terbaik, di waktu terbaik, dan meminta yang terbaik kepada Allah swt. Semoga apapun hajat kita saat ini adalah kebaikan dan dikabulkan oleh Allah SWT, aamiin.

 

Komentar