KAMI BERSAMA BURUH

 

KAMI BERSAMA BURUH

Andi Abi Abdullah

 

 

Buruh adalah setiap individu atau orang yang menggunakan kemampuannya untuk mendapatkan penghasilan. Sehingga apapun istilah dan jabatan seseorang apabila masih mendapatkan bayaran atas kemampuan atau kerjanya berarti ia sesungguhnya adalah buruh.

Maka sesungguhnya buruh adalah komunitas terbesar di masyarakat, roda perekonomian sebuah negara sangat tergantung atas kerja komunitas buruh. Menjadi ironi kalau kemudian, buruh sebagai komponen terpenting dalam perekonomian justru tidak mendapatkan kesejahteraan.

Saat ini buruh di usik dengan di sahkannya UU CIPTA KERJA, sehingga mereka turun kejalan memperjuangkan hak haknya. Sesungguhnya yang diperjuangkan buruh tidak sekedar hak mereka sebagai buruh, tapi juga hak setiap profesi atas kesejahteraan, hak atas setiap orang atas usahanya, hak atas pelajar mahasiswa atau peluang kerja nanti, dan hak para penggangguran yang belum mendapat kesempatan menikmati dunia kerja.

Sadarkah kalian wahai warga negara yang bukan buruh? Bahwa pangsa pasar tersebar kalian adalah kaum buruh?

Kalian pedagang kecil, sesungguhnya pelanggan terbesar kalian adalah keluarga buruh

Kalian UMKM, pembeli potensial kalian adalah keluarga buruh

Kalian lembaga pendidikan formal dan non formal, pengguna jasa kalian adalah buruh

Kalian sopir angkot, metro mini, ojek online, pengguna jasa terbesar kalian adalah para buruh

Kalian pebisnis otomotif, pembeli kalian adalah buruh

Kalian pengusaha perumahan, peminat terbesar kalian adalah buruh

Kalian pelajar dan mahasiswa, sebagian besar masa depan kalian adalah menjadi buruh

Maka saat ini, ketika para buruh sedang memperjuangkan haknya, memperjuangkan kesejahteraan, maka kalian adalah bagian dari yang diperjuangkan tersebut.

Bisa kalian bayangkan apabila kesejahteraan buruh menurun, itu artinya pangsa pasar kalian akan jatuh bahkan bisa hancur.

Masihkah acuh terhadap perjuangan buruh?

Bila kalian mulai tersadar saat ini betapa buruh adalah bagian penting dari bangsa ini, bagian penting dari kehidupan ekonomi kita dan bangsa, maka dukunglah perjuangannya. Berikan kontribusi sesuai dengan kemampuan masing masing, minimal doakan, jangan malah menjadi pihak yang nyinyir dipinggir lapangan mencela, bagaikan cicak di peristiwa pembakaran nabi Ibrahim, padahal kalian akan ikut menikmati hasil atas perjuangan para buruh.

Sesungguhnya tidak ada yang akan merubah nasib suatu kaum apabila mereka tidak berusaha merubah nasib mereka sendiri.

Bersatulah, wahai rakyat, buruh bersatu tak bisa dikalahkan

Bersama buruh rakyat akan sejahtera.

 

Komentar