KERJA UNTUK UANG?

Saya tidak memungkiri bahwa ketika  bekerja maka uang menjadi salah satu motifasinya, tapi saya fikir naif sekali apabila kita berprinsip bahwa kerja hanya untuk uang, yang akhirnya akan menghalalkan segala cara, sikut kanan sikut kiri, tak lagi memikirkan halal haram, injak teman cari muka ke atasan dan sebagainya.
Uang memang benar menjadi salah satu sarana hidup, tapi bila  terlalu fokus pada uang dan melupakan prosesnya, melupakan nilai sosial  maka yang terjadi adalah kita menjadi manusia asing yang tak bisa menikmati hidup. karena kenikmatan hidup itu tidak ada di tumpukan uang.
Kerja adalah bagian dari proses pembelajaran, ditempat kerja kita bisa belajar bersosialisasi, belajar menghargai teman, belajar hidup dengan target target, belajar dalam keteraturan.
Kerja adalah proses eksplorasi diri, proses menyalurkan adrenalin  dalam hal yang kita sukai dan bermanfaat, dengan kerja kita mengexplore segala potensi yang ada didalam diri  untuk menghasilkan sesuatu yang akan memuaskan diri kita.
Kerja adalah ibadah, dengan bekerja kita telah memanfaatkan waktu untuk sesuatu yang berguna, dengan bekerja kita membantu orang lain, dengan bekerja kita produktif, dengan bekerja kita telah menjalankan perintah agama untuk mencari nafkah menghidupi keluarga yang menjadi tanggung jawab kita
Demikian banyak hal yang bisa kita raih dan kita lakukan dengan bekerja, karenanya apapun profesinya saat ini cobalah untuk  menikmati dan menekuni hingga  bisa menemukan rasa yang begitu memuaskan saat  telah menyelesaikan bagian dari tugas kerja. Ingatlah diluar sana masih banyak orang yang mengantri menunggu kesempatan atas apa yang kita kerjakan saat ini.
Selamat bekerja teman, selamat memaksimalkan potensi, selamat beribadah, selamat beraktualisasi diri, dan raihlah mimpi2mu dengan bekerja
 

Komentar