Jagalah Lidahmu

Lidah adalah salah satu indra yang begitu luar biasa manfaatya buat kita, bagaimana tidak, dengan lidah kita bisa membedakan rasa antara singkong dan keju, dengan lidah kita bisa merasakan nikmatnya sate dan segarnya buah mangga, dengan lidah pula kita bisa mengerti bahwa buah ada yang rasanya begitu pahit.
Namun yang tak kalah penting adalah lidah punya fungsi untuk berbicara, dengan lidah kita bisa mengungkapkan apa yang kita mau dengan jelas, dapat menyanyikan sebuah lagu dengan merdu, namun jangan salah pula kadang lidah akan terasa tajam melebihi silet.
Dengan kemampuan kita , maka kita mampu menggunakan lidah untuk berbicara dengan suara jernih dan merdu, namun ketika kontrol kita kurang kadang lidah mengeluarkan kata kata yang tajam dan menyakiti orang lain. Bahasa yang menurut kita sederhana menjadi petaka ketika ternyata terdengar oleh telinga orang lain adalah sebuah kritikan yang sangat pedas. Ucapan sederhana yang kita maksudkan untuk menyindir seseorang kadang sekali dua kali menyebabkan orang tersebut sadar atas kekeliruannya, namun bila dilakukan terus menerus maka bisa berakibat ledakan kekecewaan dan sakit hati yang luar biasa, seseorang yang pernah melakukan kesalahan  ketika ia menyadari kesalahan itu maka seumur hidup beban rasa berdosa itu akan ia bawa, dan tiap kali ada ungkapan yang tendensius yang mengingatkan atas kesalahan itu akan berakibat makin menumpuknya rasa bersalah tersebut. Tapi bila dilakukan secara terus menerus, oleh orang yang sama , dikawatirkan akan menyebabkan hilangnya rasa berdosa itu dan memunculkan kekecewaan yang mendalam dan bahkan bisa berlanjut pada rasa tidak suka atas orang tersebut. Karenanya wahai pemilik lidah, berhati hatilah dalam menggunakan lidah, bijaklah dalam penempatannya agar ia tetap terdengar medu dan indah. Biarkan ia  tetap mengikuti fitrahnya sebagai bagian tubuh kita yang bisa kita gunakan untuk membantu aktifitas hidup dan meningkatkan keimanan.
terakhir, jagalah lidahmu karena ia adalah harimau mu........ 

Komentar