Mendekatkan yang jauh Menjauhkan yang dekat

Teknologi telah membuat kita lebih maju, lebih mudah menjangkau sudut sudut dunia, memudahkan banyak pekerjaan dan juga mempererat tali silaturohim. Dengan teknologi maka muncullah berbagai sarana komunikasi dengan berbagai orang di seluruh belahan dunia. Bahkan dengan teknologi kita bisa bertemu kembali dengan teman lama , sahabat, saudara dan orang orang yang pernah kita kenal dan lama tak lagi ada kabar berita. Begitu indahnya teknologi.
Tapi tunggu dulu, mari kita berhenti sesaat dan merenung, benarkah teknologi hanya memberikan kemudahan dan bantuan tanpa memberikan efek negatif?
dengan teknologi kita menjadi orang orang yang rajin berinternet, aktif dalam jejaring sosial, begitu aktif malah, dan kita melakukan pembenaran atas itu dengan alasan silaturohim, menjaga hubungan dengan orang orang yang jauh dan pernah kita kenal. cobalah hitung berapa banyak waktu yang kita gunakan untuk berselancar di jejaring sosial, baik itu facebook, BBM, YM,Twitter dan lain lain.
lalu bandingkan dengan banyaknya waktu yg kita gunakan untuk berinteraksi secara langsung dengan keluarga kita, tetangga kita, dan masyarakat di sekitar kita.
Banyak fakta mencengangkan bahwa ternyata sejak maraknya jejaring sosial seperti facebook, twitter, BBM, YM menyebabkan seseorang menjadi acuh dengan interaksi secara langsung dan lebih menikmati interaksi melalui dunia maya. Banyak cerita telah beredar bahwa jejaring sosial menyebabkan seseorang tenggelam dalam dunia maya dan sedikit waktu yang tersisa untuk keluarga dan lingkungannya. Ini adalah realita yang ada di masyarakat. bahkan kalau boleh saya bilang ketika banyak orang mencoba menyembuhkan penyakit autis yang diderita anaknya, justru kita secara rame rame melakukan autis berjamaah, asyik dengan internet dan melupakan interaksi sosial secara langsung.
Karenanya sebelum muncul banyak masalah dalam diri kita karena jejaring sosial, sebelum terlambat kita menyadari berbagai efek negatif yang ditimbulkan mari kita mulai membatasi, mengurangi aktifitas dunia maya yang kurang bermanfaat dan tingkatkan lagi keharmonisan keluarga , lingkungan dengan memberikan perhatian lebih kepadanya.
sebelum terlambat, jangan biarkan teknologi yang begitu luar biasa itu menyebabkan "MENDEKATKAN YANG JAUH DAN MENJAUHKAN YANG DEKAT" selamat berintrospeksi dan melakukan perbaikan diri, semoga harimu selalu indah setelahnya, amien.

Komentar