Sedekah itu indah

mendengar kata sedekah tentunya tidak lagi asing buat telinga kita, begitu banyak ulama, ustadz  dan kyai yang sering mengingatkan itu, dsemikian biasa dan seringnya hingga tanpa sadar seringkali semua itu berhenti pada cukup mendengar memahami dan menyampaikannya. Benarkah kemudian setelah itu kita menjadi orang yang cinta sedekah?
Kalau kita mau jujur, sering kali kita memiliki uang kecil atau sering disebut uang receh baik itu 500 rupian atau seribu rupiah dan kita menyepelekannya tercecer di lantai rumah, atau terselip di meja kerja. Kita menganggap nilai itu adalah nilai yang hampir tidak berguna tapi kadang punya arti. Ketika uang itu hilangpun rasanya gak ada rasa kehilangan di hati kita. Pernahkan terfikir oleh kita bahwa recehan itu bisa punya nilai yang teramat besar buat kita?
ya, teramat besar bila kita mampu memanfaatkannya dengan baik dengan memberikannya kepada orang yang memerlukan. Benar, dengan uang yang cuma 500 atau 1000 rupiah tersebut, yang bila hilang pun tidak kita cari cari bila kita manfaatkan untuk bersedekah kepada orang2 yang membutuhkan maka kita akan mendapatkan pahala yang besar. Tapi tunggu ternyata tidak sekedar pahala yang kita dapatkan. Bila itu sering kita lakukan maka pelan pelan tanpa kita sadari hati kita akan menjadi lembut, rasa sosial kita akan terbentuk, dan penghargaan kepada orang lain akan semakin baik, ya , banyak manfaat yang akan kita rasakan tanpa kita sadari. Bahkan rasa indah saat berbagi adalah keindahan yang tak tergambarkan dengan nilai apapun, bahkan lebih indah dari pemandangan yang paling indah, dari gaun yang paling cantik.
Karenanya wahai saudaraku, dengan sering memberikan "uang sisa" atau uang receh yang kita punya tak akan membuat kita jatuh miskin, tak akan menyusahkan kita, tapi justru banyak manfaat yang luar biasa yang mampu kita dapatkan. Mulai sekarang mulailah untuk memanfaatkan uang yang tak lagi "manfaat" itu untuk mendapatkan indahnya hidup dalam sedekah, selamat memulai bersedekah. SEMANGAT!!!!

Komentar