SIKAPMU KEHORMATANMU

Setiap orang menginginkan ia dihormati orang lain, dihargai dan mendapatkan tempat yang istimewa dihati orang lain. Kehormatan ini bukanlah karena kita membelinya, bukan pula karena kita meminta orang lain untuk melakukannya. Kehormatan diri akan muncul dan mendapatkan tempat yang layak bila kita mampu menjaga sikap hidup kita. Karena dengan sikap hidup, baik prilaku ataupun ucapan akan menyebabkan orang lain segan dan menghormati kita.
Pertanyaannya adalah sikap yang bagaimanakah yang akan mendapatkan penilaian itu?
Sesungguhnya masyarakat sekeliling kita adalah kamera hidup yang akan memantau seluruh aktifitas kita, siang malam, dimanapun kita berineraksi. Akan menjadi sangat melelahkan kalau kemudian kita sekedar "menjual" pesona dalam bersikap, bukan sikap asli yang kita miliki. Dan akhirnya ketika terjadi suatu masalah maka tanpa sadar sikap asli itu muncul , dan itulah yang akan di nilai oleh masyarakat.
Sikap spontan, yang muncul tiba tiba ketika ada masalah mendadadk, itulah diri kita, mulia atau tidak diri kita, terhormat atau tidak, akan terlihat saat kita menyikapi permasalahan tiba tiba tersebut.
Cobalah merenung, bagaimana sikap kita selama ini bila menghadapi masalah yang tiba tiba terjadi.....

Bila ternyata kita adalah orang orang yang kurang berahlak mulia maka sekarang saatnya untuk memperbaiki diri, agar sikap kita menjadi lebih baik dan tentunya kehormatan kita juga akan membaik.
Yang pertama adalah belajar sabar, karena dengan bersabar maka kita mampu melihat permasalahan lenih jernih tidak terburu buru mengambil keputusan sebelum di pertimbangkan dengan matang.
Yang kedua adalah belajar menilai sesuatu dari segi positif, setiap peristiwa senegatif apapun itu, akan selalu ada nilai positif yang bisa kita ambil. BIla kita mampu mengambil sisi positif dalam setiap masalah maka insyaAllah hati akan lebih damai, dan kiya akan menjadi bijak.
Yang ketiga yakinlah akan takdir Allah, sesungguhnya setiap peristiwa yang terjadi didunia ini sudah digariskan oleh Allah, dan kita sebaqgai mahluk harus bisa belajar untuk menerima takdir yang telah terjadi.
Dengan belajar minimal 3 hal tersebut insyaAllah kita akan makin bijak dalam hidup, makin tenang menghadapi masalah dan akan makin terhormat diri kita.

"kehormatan diri bukan karena di minta atau di beli, Tapi karena kita jaga dengan ahlak yang baik"

Komentar