INDAHNYA SURGA

INDAHNYA SURGA
(Andi Abi Abdullah )


Berbicara tentang "masa depan" maka kita semua faham hanya ada 2 masa depan yang menanti yaitu SURGA dan NERAKA.  Kemana masa depan  akan menuju?  tergantung dengan bagaimana kita mempersiapkan perjalanan menuju kesana.
Kali ini saya ingin berbicara tentang "Surga" , tempat yang dinanti semua manusia di dunia ini, beragama atau tidak, baik atau jahat, brandalan ataupun ustadz.
Surga adalah tempat kembali yang disediakan Allah untuk orang orang yang loyal dan mampu membuktikan diri sebagai seorang hamba dengan menjadi orang yang berahlak baik dan menjalankan ibadah secara istiqomah. Keindahan surga digambarkan di dalam Alquran, adalah tempat yang begitu indah, dengan kolam susu, dengan buah buahan yang enak dan mudah di petik, dengan minuman yang semuanya halal, dengan bidadari2 yang begitu molek dan cantik,
“Sesungguhnya Allah memasukkan orang – orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih kedalam Surga – Surga yang dibawahnya mengalir sungai – sungai. Di Surga itu mereka di beri perhiasan dengan gelang – gelang dari emas dan mutiara, dan pakaian mereka adalah sutera.”           ( QS. Al-Hajj no. 23 )
“Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan : “Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu.” Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada isteri-isteri yang suci dan mereka kekal di dalamnya” ( QS.Al-Baqarah : 25 )
Ada pertanyaan sederhana atas keadaan surga ini, "kalau surga hanya berisi hal hal tersebut, maka surga tentunya tidak istimewa, karena kita bisa mendapatkan semua itu di dunia ini, lalu kenapa harus ke surga?
Sahabatku,
Surga sesungguhnya jauh lebih hebat, lebih indah, lebih istimewa dari pada gambaran tersebut. Gambaran tentang sungai atau danau susu, dengan buah buahan dan makanan, tentang bidadari bidadari adalah upaya Allah menyederhanakan pemahaman atas akal kita yang terbatas agar mudah di mengerti, sedangkan keindahan surga insyaAllah jauh dari semua itu berkali kali lipat.
Sederhananya begini, misalkan ada anak umur 10 tahun bertanya " apa sih enaknya menikah?" maka tentu kita akan memberikan jawaban sederhana agar mudah difahami anak tersebut, "agar punya teman hidup yang lebih dekat dari sahabat ". atau jawaban jawaban lain yang masuk akal.
Begitu juga dengan Allah, tentunya Allah memberikan jawaban sederhana agar logika kita mencapainya tentang indahnya Surga, namun bagaimana keindahan yang sesungguhnya itu tak terbayangkan. bahkan dalam hal lain di sebutkan di surga ada buah dengan nama yang sama dengan buah di dunia, tapi rasanya jauh lebih enak, ada minuman dengan nama yang sama tapi jauh lebih segar dan lezat. Surga itu keindahannya tak terbayangkan oleh akan kita, enaknya tak tergambarkan dengan lidah kita, indahnya tak terbayangkan oleh mata kita, bahkan harumnya tak terbayangkan dengan hidung kita.
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Allah 'Azza wa Jalla berfirman;
"Aku persiapkan untuk hamba-hamba-Ku yang Shalih sesuatu yang tidak pernah dilihat oleh mata, tidak pernah di dengar oleh telinga, dan tidak pernah terlintas pada hati manusia".
begitu indahnya surga wahai saudaraku, karenanya mari berlomba lomba meraihnya, mencapainya karena sungguh itu adalah tempat terbaik untuk kita tuju. Jangan sia siakan hidup ini hanya sekedar untuk merengkuh indahnya dunia yang cuma setetes kecil dibanding indahnya surga. Maksimalkan diri dan persiapkan untuk menuju surganya Allah tersebut.

Semoga kita semua yang saling mengenal ini akan tetap saling mengenal bahkan lebih dekat lagi saat disurga nanti, doakanlah saya yang dhoif dan lemah ini, barang kali doa yang engkau panjatkan  adalah doa terbaik yang menghantarkan saya ke surganya Allah SWT, amin.

Komentar