BEROBAT DENGAN SEDEKAH

Setiap manusia pernah mengalami sakit, baik itu sakit ringan ataupun berat, bahkan Rasulullah SAW juga menjelang wafatnya mengalami sakit. Ini sudah menjadi sunatullah dalam kehidupan. Islam mengajarkan kepada kita bahwa apapun sakit yang kita hadapi harus berikhtiyar untuk melakukan pengobatan, berbagai bentuk ikhtiyar yang dilakukan secara islami tidak berarti kita tidak percaya kepada Allah, justru merupakan bentuk kepercayaan yang tinggi kepada Allah SWT. Karena penyakit adalah merupakan ujian kesabaran dan ketaqwaan, maka ikhtiyar pengobatan akan mendapat pahala tersendiri dari Allah SWT.
Ada berbagai cara pengobatan yang diajurkan dalam islam yaitu dengan mendatangi dokter untuk berobat, berbekam, minum madu atau minum habasauda. Dalam kesempatan ini saya ingin mengingatkan kembali bahwa ada salah satu cara berobat yang dianjurkan Rosulullah SAW yang sering kali dilupakan yaitu dengan cara BERSEDEKAH.
ingatlah akan hadist Rasululllah yang berbunyi:
 "'Obatilah penyakitmu dengan sedekah.''atau hadist yang lain berbunyi ''Perbanyaklah sedekah. Sebab, sedekah bisa memanjangkan umur.''
  …“Obatilah orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah.” (HR. Baihaqi)
 “Ujian yang menimpa seseorang pada keluarga, harta, jiwa, anak, dan tetangganya bisa dihapus dengan puasa, shalat, sedekah, dan amar makruf nahi munkar.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari  hadist sederhana ini kita diajarkan oleh Rasulullah untuk mencari pengobatan atau penyakit yang dialami dengan bersedekah secara iklas dijalan Allah. Karenanya wahai saudaraku apapun penyakit yang sedang dialami jangan lupa untuk meminta kesembuhan kepada Allah SWT salah satunya dengan bersedekah secara iklas, bila perlu dengan berdoa ya Allah aku bersedekah ini untuk penyembuhan penyakitku, atau untuk penyembuhan kedua orang tuaku, atau penyembuhan anakku.
Simaklah  sebuah kisah keajaiban sedekah dalam menyembuhkan penyakit yang di derita yang di ceritakan  Syaikh Sulaiman Al-Mufarraj –semoga Allah memberinya taufik–, bahwa seseorang telah bercerita kepada Syaikh perihal kisah ajaib yang dialaminya, ia mengatakan, “Aku memiliki anak perempuan yang masih …kecil, yang terkena penyakit di tenggorokannya. Aku telah pergi bersamanya ke beberapa rumah sakit dan telah membeberkan jenis penyakit yang dialami anakku kepada banyak dokter, namun semuanya tidak bermanfaat. Sakitnya menjadi semakin bandel. Aku hampir saja ikut sakit lantaran memikirkan sakit anakku, yang menjadikan semua anggota keluarga tak bisa tidur. Kami telah menempuh langkah-langkah untuk meringankan sakitnya, hingga akhirnya kami merasa putus asa dari semua itu, kecuali dari rahmat Allah Ta’ala.

Sampai suatu ketika datanglah secercah harapan dan terbukalah pintu solusi. Ada seorang yang shalih menghubungiku dan mengingatkanku akan hadits Nabi shallallahu'alaihi wasallam:

دَوُّوْا مَرْضَاكُمْ بِالصَّدَقَةِ
“Obatilah orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah.” (HR. Thabrani dan Baihaqi)

Aku berkata kepadanya, “Sungguh, aku telah banyak bersedekah.” Ia kembali berkata, “Bersedekahlah saat ini dengan niat agar putrimu mendapatkan kesembuhan.” Akhirnya, aku pun bersedekah dengan dilandasi kerendahan hati kepada salah seorang fakir, namun segala sesuatunya tak ada perubahan. Aku menginformasikan hal ini kepada orang shalih itu, dan ia berkata, “Anda termasuk orang yang memiliki banyak harta. Hendaklah sedekahmu seukuran dengan hartamu.”

Aku pun pergi untuk kedua kalinya, dan mobilku kupenuhi dengan beras, ayam dan barang yang baik-baik dalam jumlah yang besar, lalu kubagikan kepada orang-orang yang membutuhkan. Mereka pun bergembira dengan sedekahku. Dan subhanallah, tiba-tiba putriku menjadi sembuh total, alhamdulillah.
terakhir saya berdoa semoga siapapun yang membaca tulisan sederhana ini setelahnya kemudian menjadi rajin bersedekah, dan siapapun yang bersedekah tersebut maka  semoga akan diangkat penyakitnya oleh Allah, akan dilapangkan rejekinya, akan di panjangkan umurnya dalam barokah, akan dilekuarkan dari kesulitan hidup, akan diberikan kesabaran dan kekuatan dalam ujian hidup serta dijadikan bahagia dunia akherat. amien

            " Jangan Tunggu Kaya Untuk Bersedekah"  

Komentar