Langsung ke konten utama

HATI HATI DENGAN 'SESAT'

Sahabat sahabatku yang dirahmati Allah,
pertumbuhan dakwah di negeri ini begitu bergairah, berbagai kelompok menjalankan cara dan pola masing masing sehingga terasa semarak, tapi sudah menjadi sebuah penyakit bagi kita bahwa ketika banyak pihak bergerak dibidang yang sama, maka yang muncul bukannya saling membantu dan menguatkan tapi malah saling menjelekan dan menjatuhkan, bahkan lebih jauh lagi sampai ke menyesatkan.
Ini adalah sebuah ironi, ketika islam begitu semarak, masyarakat berbondong bondong mulai menyukai agamanya semdiri, bahkan pesantren tumbuh menjamur dengan komsep modern, namun yang terjadi pada para aktifisnya adalah berantem sendiri, merasa paling benar bahkan menyesatkan kelompok yang lainnya.
Ingatlah wahai saudaraku,
Islam itu jelas dan terang, Alquran sebagai pegangan adalah kepastian, Rasulullah sebagai panutan adalah keharusan, maka selama apa yang dilakukan kelompok yang lain masih menggunakan alquran sebagai pegangan dan Rosul sebagai teladan maka perbedaan perbedaan yang muncul dalam tatanan amaliyah yang bersifat khilafiah janganlah menjadikan pertentangan.
Lihat dan cari sisi yang sama untuk menyatukan kesamaan gerak, tinggalkan perbedaan selama bukan hal akidah, supaya kerja dakwah itu menjadi harmonis dan indah.
Medan dakwah ini begitu luas, tak perlu sampai berebut medan dakwah, atau bila memugkinkan garap secara bersama sama.
Saya tidak meniadakan bahwa akan ada dan selalu muncul kelompok yang benar benar sesat dengan kesesatannya, itu selalu terjadi, namun para meter untuk menentukan sebuah kelompok itu sesat atau tidak harus jelas dan difahami, sehingga tidak gampang setiap orang melabeli kelompok lain sesat, berhati hatilah karena sangat besar dosanya bila kita menyesatkan orang lain yang tidak melakukan kesesatan.
Ingatlah saudara saudaraku akan ayat Allah disurat Al Kahfi 103-104




Apologi sesat para penyebar kesesatan

Kamis, 7 Zulqa'dah 1434 H / 12 September 2013 11:23
Apologi sesat para penyebar kesesatan
Ilustrasi - Apologi sesat para penyebar kesesatan
Oleh : Ustadz Irfan S Awwas dan Tim Ahli Majelis Mujahidin
(Arrahmah.com) - Pada mulanya adalah sebuah opini berjudul: “Membantah Penyesatan Irfan S Awwas yang disebarkan oleh Situs Arrahmah.com,” yang dipublikasikan di blog millahibrahim.wordpress.com. Penulis opini Abu Sulaiman Al-Arkhabily, tertanggal 2 Dzul Qa’dah 1434 H / 08 September 2013. Belakangan diketahui, Abu Sulaiman Al-Arkhabily adalah Aman Abdurrahman, nama asli Oman Rochman kelahiran Cimalaka Sumedang 5 Januari 1972.
Sejak 2004, tercatat sebagai narapidana kasus teroris, dan dihukum 7 tahun penjara. Aman Abdurrahman dikenal oleh pengikutnya sebagai singa tauhid yang konsisten dan dengan tegas serta berani menentang sistem syirik demokrasi dan meluruskan syubhat-syubhat syirik demokrasi. Kini Aman diisolasi di penjara thaghut Kembang Kuning, Nusakambangan.
Bagaimana seorang narapidana bisa mengirim tulisan dan menjadi komentator di sejumlah situs online, tidak jelas. Tapi alhamdulillah, dalam kondisi terzalimi masih dapat memublikasikan pikiran dan pemahamannya untuk dikonsumsi halayak ramai. Sebenarnya, kurang bijaksana menanggapi opini seorang pesakitan, berada di tempat yang serba terbatas, tertekan dan jauh dari informasi. Sebagai aktivis yang pernah merasakan getirnya penjara rezim Soeharto selama 13 tahun, tentu dapat memahami hal demikian.
Sebagian pembaca menyarankan untuk tidak merespons, karena pemahamannya tentang demokrasi masih demokrasi primitif ala Yunani kuno. Sementara praktik demokrasi modern, bahkan mengadopsi ajaran agama sehingga ada yang berpikir: Jika musuh Islam menggunakan demokrasi untuk menghancurkan Islam, mengapa kita tidak menggunakan demokrasi untuk memenangkan Islam dan menistakan demokrasi sendiri?
Tapi sebagian besar pembaca menyarankan untuk direspons sebagai penghargaan atas jerih payahnya memforsir pemikiran sekadar melabelkan tuduhan penyebar kesesatan pada Irfan S Awwas, dengan alasan:
“Pandangan Majelis Mujahidin mengatakan demokrasi dibagi dua. Demokrasi sebagai ideologi dan demokrasi sebagai mekanisme. Kemudian pembelaan Irfan S Awwas terhadap keislaman dua musuh besar Islam yaitu Taufiq Kemas dan Megawati yang sangat anti Islam lagi pimpinan partai sekuler sosialis Marhaen (PDIP), di mana Irfan mengukuhkan keislaman keduanya sebagaimana yang dimuat oleh arrahmah.com dan bahkan Irfan S Awwas menyayangkan keluarga Taufiq Kemas yang tidak memberikan kesempatan tetangga menshalatkannya,” tulis Aman.
Nampak jelas, Aman Abdurrahman kesulitan membedakan antara prinsip dan strategi, antara ideologi dan cara; sebagaimana dia juga kebingungan mengimplementasikan antara tauhid dan ilmu tauhid, jihad dan fiqhul jihad. Karena itu, penting dijelaskan agar para penentang Syari’at Islam tidak mendiskreditkan Majelis Mujahidin menggunakan ilusi Aman Abdurrahman di atas. Begitupun, orang yang sepaham dengan Aman, tidak angkuh dan tidak merasa benar dalam kesesatan berpikir.
Majelis Mujahidin tidak membagi demokrasi menjadi dua bagian, tapi meninjau demokrasi dari dua sudut pandang. Demokrasi sebagai ideologi dan demokrasi sebagai mekanisme perjuangan. Ketika demokrasi mengadopsi ajaran Islam dalam menjalankan misinya, dan mengklaimnya sebagai milik demokrasi, umat Islam harus cerdas melawannya. Umat Islam dapat menggembosi demokrasi, bahwa musyawarah bukan milik demokrasi. Memilih pemimpin melalui pemilihan umum, mengambil keputusan melalui voting, bukan milik demokrasi melainkan milik Islam yang dicuri demokrasi. Itulah strategi dan cara menaklukan lawan yang kita baca dalam fakta sejarah Islam.
Maka hendaknya disadari, bahwa mengadili paham dan vonis sesat terhadap sesama Muslim berdasarkan persepsi atau pemahaman pribadi adalah kesesatan juga. Tuduhan sesat yang dialamatkan pada siapa saja yang berbeda pendapat dengannya, berangkat dari apriori dan gaya berfikir safsathah, yaitu menggunakan dalil-dalil agama secara manipulatif, membungkus kebathilan dengan Al-Qur’an dan Hadits disesuaikan dengan seleranya sendiri.
Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:
قُلْ هَلْ نُنَبِّئُكُمْ بِالْأَخْسَرِينَ أَعْمَالًا (103) الَّذِينَ ضَلَّ سَعْيُهُمْ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَهُمْ يَحْسَبُونَ أَنَّهُمْ يُحْسِنُونَ صُنْعًا (104)
“Wahai Muhammad, katakanlah: “Apakah Kami belum menjelaskan kepada kalian tentang orang-orang yang paling rugi usahanya?” Orang-orang yang paling rugi usahanya adalah orang-orang yang selama hidup di dunia melakukan perbuatan sesat, tetapi mereka mengira bahwa yang dia lakukan itu perbuatan benar.” [Al Kahfi, 18: 103-104]
- See more at: http://www.arrahmah.com/kajian-islam/apologi-sesat-penyebar-kesesatan.html#sthash.cHVPfqMu.dpuf
“Katakanlah: “Apakah akan Kami beritahukan kepadamu tentang orang-orang yang paling merugi perbuatannya?” Yaitu orang-orang yang telah sia-sia perbuatannya dalam kehidupan dunia ini, sedangkan mereka menyangka bahwa mereka berbuat sebaik-baiknya.” (QS Al-Kahfi 103-104)

Ayat ini memperingatkan kita untuk faham dengan ajaran agama supaya kita tidak terjebak pada amalan amalan yang sesat, setelah kita faham tentunya kita menjadi tidak mudah menyesatkan orang lain. Maka belajar akidah menjadi hal yang sangat penting wahai saudara saudaraku, jangan sampai selama ini kita nyaman beribadah yakin akan kebenarannya, namun sesungguhnya kita terjebak pada amalan yang sesat.
Apabila kita lalai dan menutup diri dari kebenaran, kemudian melakukan kesesatan maka ingatlah akan peringatan di ayat yang lain:
 Dan siapakah yang lebih zalim dari pada orang yang telah diperingatkan dengan ayat-ayat Tuhannya lalu dia berpaling dari padanya dan melupakan apa yang telah dikerjakan oleh kedua tangannya? Sesungguhnya kami telah meletakkan tutupan di atas hati mereka, (sehingga mereka tidak) memahaminya, dan (Kami letakkan pula) sumbatan di telinga mereka; dan kendatipun kamu menyeru mereka kepada petunjuk, niscaya mereka tidak akan mendapat petunjuk selama-lamanya. (18: 57)
Itulah yang terjadi wahai saudaraku, apabila kita terjerumus atau menjerumuskan diri dalam kesesatan, maka Alllah akan menutup kita dari jalan kebenaran hingga kita makin hanyut dalam kesesatan tersebut.
Terakhir, 
pesan dari saya yang mencintai kalian karena Allah, belajar dan belajar lagi , siapapun kita dan sebanyak ilmu apapun ilmu kita saat ini, fahami dengan baik agar amal ibadah kita sesuai dengan yang di syariatkan, jangan mudah terjebak pada pemahaman "yang penting tujuannya baik" kemudian memudahkan kita mengamalkan ajaran yang belum jelas asal usulnya, dan jangan mudah menyimpulkan mengolongkan, mengecap orang atau kelompok lain sesat sebelum kita faham secara benar apa dan bagaimana kelompok tersebut agar kita tidak menghakimi kelompok yang belum tentu bersalah, demikian dan semoga manfaat, amien.





Apologi sesat para penyebar kesesatan

Kamis, 7 Zulqa'dah 1434 H / 12 September 2013 11:23
Apologi sesat para penyebar kesesatan
Ilustrasi - Apologi sesat para penyebar kesesatan
Oleh : Ustadz Irfan S Awwas dan Tim Ahli Majelis Mujahidin
(Arrahmah.com) - Pada mulanya adalah sebuah opini berjudul: “Membantah Penyesatan Irfan S Awwas yang disebarkan oleh Situs Arrahmah.com,” yang dipublikasikan di blog millahibrahim.wordpress.com. Penulis opini Abu Sulaiman Al-Arkhabily, tertanggal 2 Dzul Qa’dah 1434 H / 08 September 2013. Belakangan diketahui, Abu Sulaiman Al-Arkhabily adalah Aman Abdurrahman, nama asli Oman Rochman kelahiran Cimalaka Sumedang 5 Januari 1972.
Sejak 2004, tercatat sebagai narapidana kasus teroris, dan dihukum 7 tahun penjara. Aman Abdurrahman dikenal oleh pengikutnya sebagai singa tauhid yang konsisten dan dengan tegas serta berani menentang sistem syirik demokrasi dan meluruskan syubhat-syubhat syirik demokrasi. Kini Aman diisolasi di penjara thaghut Kembang Kuning, Nusakambangan.
Bagaimana seorang narapidana bisa mengirim tulisan dan menjadi komentator di sejumlah situs online, tidak jelas. Tapi alhamdulillah, dalam kondisi terzalimi masih dapat memublikasikan pikiran dan pemahamannya untuk dikonsumsi halayak ramai. Sebenarnya, kurang bijaksana menanggapi opini seorang pesakitan, berada di tempat yang serba terbatas, tertekan dan jauh dari informasi. Sebagai aktivis yang pernah merasakan getirnya penjara rezim Soeharto selama 13 tahun, tentu dapat memahami hal demikian.
Sebagian pembaca menyarankan untuk tidak merespons, karena pemahamannya tentang demokrasi masih demokrasi primitif ala Yunani kuno. Sementara praktik demokrasi modern, bahkan mengadopsi ajaran agama sehingga ada yang berpikir: Jika musuh Islam menggunakan demokrasi untuk menghancurkan Islam, mengapa kita tidak menggunakan demokrasi untuk memenangkan Islam dan menistakan demokrasi sendiri?
Tapi sebagian besar pembaca menyarankan untuk direspons sebagai penghargaan atas jerih payahnya memforsir pemikiran sekadar melabelkan tuduhan penyebar kesesatan pada Irfan S Awwas, dengan alasan:
“Pandangan Majelis Mujahidin mengatakan demokrasi dibagi dua. Demokrasi sebagai ideologi dan demokrasi sebagai mekanisme. Kemudian pembelaan Irfan S Awwas terhadap keislaman dua musuh besar Islam yaitu Taufiq Kemas dan Megawati yang sangat anti Islam lagi pimpinan partai sekuler sosialis Marhaen (PDIP), di mana Irfan mengukuhkan keislaman keduanya sebagaimana yang dimuat oleh arrahmah.com dan bahkan Irfan S Awwas menyayangkan keluarga Taufiq Kemas yang tidak memberikan kesempatan tetangga menshalatkannya,” tulis Aman.
Nampak jelas, Aman Abdurrahman kesulitan membedakan antara prinsip dan strategi, antara ideologi dan cara; sebagaimana dia juga kebingungan mengimplementasikan antara tauhid dan ilmu tauhid, jihad dan fiqhul jihad. Karena itu, penting dijelaskan agar para penentang Syari’at Islam tidak mendiskreditkan Majelis Mujahidin menggunakan ilusi Aman Abdurrahman di atas. Begitupun, orang yang sepaham dengan Aman, tidak angkuh dan tidak merasa benar dalam kesesatan berpikir.
Majelis Mujahidin tidak membagi demokrasi menjadi dua bagian, tapi meninjau demokrasi dari dua sudut pandang. Demokrasi sebagai ideologi dan demokrasi sebagai mekanisme perjuangan. Ketika demokrasi mengadopsi ajaran Islam dalam menjalankan misinya, dan mengklaimnya sebagai milik demokrasi, umat Islam harus cerdas melawannya. Umat Islam dapat menggembosi demokrasi, bahwa musyawarah bukan milik demokrasi. Memilih pemimpin melalui pemilihan umum, mengambil keputusan melalui voting, bukan milik demokrasi melainkan milik Islam yang dicuri demokrasi. Itulah strategi dan cara menaklukan lawan yang kita baca dalam fakta sejarah Islam.
Maka hendaknya disadari, bahwa mengadili paham dan vonis sesat terhadap sesama Muslim berdasarkan persepsi atau pemahaman pribadi adalah kesesatan juga. Tuduhan sesat yang dialamatkan pada siapa saja yang berbeda pendapat dengannya, berangkat dari apriori dan gaya berfikir safsathah, yaitu menggunakan dalil-dalil agama secara manipulatif, membungkus kebathilan dengan Al-Qur’an dan Hadits disesuaikan dengan seleranya sendiri.
Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:
قُلْ هَلْ نُنَبِّئُكُمْ بِالْأَخْسَرِينَ أَعْمَالًا (103) الَّذِينَ ضَلَّ سَعْيُهُمْ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَهُمْ يَحْسَبُونَ أَنَّهُمْ يُحْسِنُونَ صُنْعًا (104)
“Wahai Muhammad, katakanlah: “Apakah Kami belum menjelaskan kepada kalian tentang orang-orang yang paling rugi usahanya?” Orang-orang yang paling rugi usahanya adalah orang-orang yang selama hidup di dunia melakukan perbuatan sesat, tetapi mereka mengira bahwa yang dia lakukan itu perbuatan benar.” [Al Kahfi, 18: 103-104]
- See more at: http://www.arrahmah.com/kajian-islam/apologi-sesat-penyebar-kesesatan.html#sthash.ZucGpXU1.dpuf



Apologi sesat para penyebar kesesatan

Kamis, 7 Zulqa'dah 1434 H / 12 September 2013 11:23
Apologi sesat para penyebar kesesatan
Ilustrasi - Apologi sesat para penyebar kesesatan
Oleh : Ustadz Irfan S Awwas dan Tim Ahli Majelis Mujahidin
(Arrahmah.com) - Pada mulanya adalah sebuah opini berjudul: “Membantah Penyesatan Irfan S Awwas yang disebarkan oleh Situs Arrahmah.com,” yang dipublikasikan di blog millahibrahim.wordpress.com. Penulis opini Abu Sulaiman Al-Arkhabily, tertanggal 2 Dzul Qa’dah 1434 H / 08 September 2013. Belakangan diketahui, Abu Sulaiman Al-Arkhabily adalah Aman Abdurrahman, nama asli Oman Rochman kelahiran Cimalaka Sumedang 5 Januari 1972.
Sejak 2004, tercatat sebagai narapidana kasus teroris, dan dihukum 7 tahun penjara. Aman Abdurrahman dikenal oleh pengikutnya sebagai singa tauhid yang konsisten dan dengan tegas serta berani menentang sistem syirik demokrasi dan meluruskan syubhat-syubhat syirik demokrasi. Kini Aman diisolasi di penjara thaghut Kembang Kuning, Nusakambangan.
Bagaimana seorang narapidana bisa mengirim tulisan dan menjadi komentator di sejumlah situs online, tidak jelas. Tapi alhamdulillah, dalam kondisi terzalimi masih dapat memublikasikan pikiran dan pemahamannya untuk dikonsumsi halayak ramai. Sebenarnya, kurang bijaksana menanggapi opini seorang pesakitan, berada di tempat yang serba terbatas, tertekan dan jauh dari informasi. Sebagai aktivis yang pernah merasakan getirnya penjara rezim Soeharto selama 13 tahun, tentu dapat memahami hal demikian.
Sebagian pembaca menyarankan untuk tidak merespons, karena pemahamannya tentang demokrasi masih demokrasi primitif ala Yunani kuno. Sementara praktik demokrasi modern, bahkan mengadopsi ajaran agama sehingga ada yang berpikir: Jika musuh Islam menggunakan demokrasi untuk menghancurkan Islam, mengapa kita tidak menggunakan demokrasi untuk memenangkan Islam dan menistakan demokrasi sendiri?
Tapi sebagian besar pembaca menyarankan untuk direspons sebagai penghargaan atas jerih payahnya memforsir pemikiran sekadar melabelkan tuduhan penyebar kesesatan pada Irfan S Awwas, dengan alasan:
“Pandangan Majelis Mujahidin mengatakan demokrasi dibagi dua. Demokrasi sebagai ideologi dan demokrasi sebagai mekanisme. Kemudian pembelaan Irfan S Awwas terhadap keislaman dua musuh besar Islam yaitu Taufiq Kemas dan Megawati yang sangat anti Islam lagi pimpinan partai sekuler sosialis Marhaen (PDIP), di mana Irfan mengukuhkan keislaman keduanya sebagaimana yang dimuat oleh arrahmah.com dan bahkan Irfan S Awwas menyayangkan keluarga Taufiq Kemas yang tidak memberikan kesempatan tetangga menshalatkannya,” tulis Aman.
Nampak jelas, Aman Abdurrahman kesulitan membedakan antara prinsip dan strategi, antara ideologi dan cara; sebagaimana dia juga kebingungan mengimplementasikan antara tauhid dan ilmu tauhid, jihad dan fiqhul jihad. Karena itu, penting dijelaskan agar para penentang Syari’at Islam tidak mendiskreditkan Majelis Mujahidin menggunakan ilusi Aman Abdurrahman di atas. Begitupun, orang yang sepaham dengan Aman, tidak angkuh dan tidak merasa benar dalam kesesatan berpikir.
Majelis Mujahidin tidak membagi demokrasi menjadi dua bagian, tapi meninjau demokrasi dari dua sudut pandang. Demokrasi sebagai ideologi dan demokrasi sebagai mekanisme perjuangan. Ketika demokrasi mengadopsi ajaran Islam dalam menjalankan misinya, dan mengklaimnya sebagai milik demokrasi, umat Islam harus cerdas melawannya. Umat Islam dapat menggembosi demokrasi, bahwa musyawarah bukan milik demokrasi. Memilih pemimpin melalui pemilihan umum, mengambil keputusan melalui voting, bukan milik demokrasi melainkan milik Islam yang dicuri demokrasi. Itulah strategi dan cara menaklukan lawan yang kita baca dalam fakta sejarah Islam.
Maka hendaknya disadari, bahwa mengadili paham dan vonis sesat terhadap sesama Muslim berdasarkan persepsi atau pemahaman pribadi adalah kesesatan juga. Tuduhan sesat yang dialamatkan pada siapa saja yang berbeda pendapat dengannya, berangkat dari apriori dan gaya berfikir safsathah, yaitu menggunakan dalil-dalil agama secara manipulatif, membungkus kebathilan dengan Al-Qur’an dan Hadits disesuaikan dengan seleranya sendiri.
Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:
قُلْ هَلْ نُنَبِّئُكُمْ بِالْأَخْسَرِينَ أَعْمَالًا (103) الَّذِينَ ضَلَّ سَعْيُهُمْ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَهُمْ يَحْسَبُونَ أَنَّهُمْ يُحْسِنُونَ صُنْعًا (104)
“Wahai Muhammad, katakanlah: “Apakah Kami belum menjelaskan kepada kalian tentang orang-orang yang paling rugi usahanya?” Orang-orang yang paling rugi usahanya adalah orang-orang yang selama hidup di dunia melakukan perbuatan sesat, tetapi mereka mengira bahwa yang dia lakukan itu perbuatan benar.” [Al Kahfi, 18: 103-104]
- See more at: http://www.arrahmah.com/kajian-islam/apologi-sesat-penyebar-kesesatan.html#sthash.ZucGpXU1.dpuf

Komentar