ANAK ADALAH UJIAN

Sahabatku yang baik,
Salah satu sumber kebahagiaan hidup adalah ANAK, keberadaan anak sering kali membuat hati kita tentram, nyaman, meneguhkan hubungan pasangan, dan banyak kebaikan yang kita dapatkan karenanya.
Namun kita juga harus fahami bahwa dengan segala kebaikan tersebut anak juga merupakan salah satu bentuk ujian yang diberikan Allah kepada kita,
Ingatlah ayat Allah yang berbunyi
وَٱعْلَمُوٓا۟ أَنَّمَآ أَمْوَٰلُكُمْ وَأَوْلَٰدُكُمْ فِتْنَةٌ وَأَنَّ ٱللَّهَ عِندَهُۥٓ أَجْرٌ عَظِيمٌ
Dan ketahuilah, bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar.
Al Anfaal :28
Sesungguhnya anak adalah ujian, baik dengan segala kelebihan dan kekurangannya.
Tidak sedikit anak yang berprestasi membuat orang tuanya ujub sombong dan takabur bahwa prestasi itu adalah karena keturunan atau bimbingan orang tua, kemudian merendahkan orang lain atau anak lain.
Tidak kurang orang tua yang belum bisa menerima kekurangan atau ''perbedaan '' yang ada pada anaknya, hingga kemudian sikap penerimaan dan keimanan goyah setelah memiliki anak.
Jelas sekali bahwa keberadaan anak adalah ujian bagi orang tua, namun juga sekaligus amanah, di ayat sebelumnya kita di ingatkan untuk tidak menghianati Allah dan Rosul dengan menjaga amanah, salah satunya anak.
Apakah setelah faham bahwa anak adalah  ujian dan amanah membuat kita menjadi lebih serius dalam menjaga dan mendidik anak? Atau cukup diberikan makan sekolah dan uang?
Apakah cukup serahkan ke lembaga pendidikan dengan bayaran yang tinggi?
Atau kah cukup kita turuti semua kemauannya?
Maka sebagaimana anak belajar untuk menghadapi ujian, maka mari kita belajar menghadapi ujian berupa anak.
Semoga yang sedikit ini mengingatkan kita untuk berbuat lebih baik lagi untuk anak anak, demi lulus menghadapi ujian Allah, amin.

Komentar