ENAM PERKARA YANG TERSEMBUNYI

Sahabatku yang rajin dalam ibadah,
Tidak sedikit yang merasa heran ketika seseorang merasa melakukan ibadah yang sama namun hasilnya kok berbeda, cukup banyak yang menganggap Allah tidak adil karena sama-sama melakukan maksiat namun tegurannya berbeda, ada sebagian dari kita merasa dibedakan atau kurang diperhatikan Allah karena memiliki riyadhoh yang sama namun kemuliaan tak juga didapatkannya.
Semua itu bisa terjadi karena kita melihat segala sesuatu secara global, lihat yang tampak saja, lihat kulit dari ibadah yang dilakukan, namun sesungguhnya Allah telah meletakkan keistimewaan, menyelipkan ketentuan diantara amal perbuatan manusia, dan barang siapa mampu bijak melihat hal tersebut maka ia akan mendapatkan hasil yang lebih baik.
 Sayiddina Umar bin Khaththab r.a. berkata : Sesungguhnya Allah SWT menyembunyikan enam perkara dalam enam perkara :
1. Allah SWT menyembunyikan keridhoan-Nya dalam ketaatan kepada-Nya, 
artinya bahwa kita harus hati hati dg amal yang besar dan yang kecil, harus benar-benar dijaga kualitasnya, karena kita tidak tahu dari amalan kita mana yang tersimpan keridhoan-Nya yang sangat besar.
2. Allah SWT menyembunyikan kemurkaan-Nya dalam kemaksiyatannya kepada-Nya, 
janganlah kita meremehkan maksiat kecil, bisa jadi diantara maksiat kecil yang dilakukan tersembunyi kemurkaan-Nya, yang membuat kita terpuruk dalam hidup ini.
3. Allah SWT menyembunyikan lailatul Qadr dalam bulan ramadhan, 
Allah meminta kita menjaga kualitas romadhon sejak hari pertama, karenanya disembunyikanlah kapan kepastian lailatul qodar, kalau disebutkan dihari tertentu maka manusia hanya akan beribadah dihari tersebu.
4. Allah SWT menyembunyikan para wali diantara manusia
Allah mengangkat derajat seseorang hingga ketingkat para wali karena amalan kususnya yang tersembunyi, hingga seringkali kita tak sadar dan tak tahu bahwa orang yang menurut kita biasa saja, sesungguhnya adalah wali Allah 

5. Allah SWT menyembunyikan kematian dalam umur
Allah menyembunyikan waktu kematian agar kita selalu berhati-hati dan serius dalam ketakwaan kita, apabila diberitahukan kapan waktu tersebut bisa jadi kita enggan beribadah kepada Allah ketika kematian masih lama
6. Allah SWT menyembunyikan Ash-sholatul Wustho dalam sholat 5 waktu.
Diantara 5 waktu sholat ada sholat yang lebih utama dibanding yang lain, dan ini dirahasiakan Allah agar kita menjaga seluruh 5 waktu sholat tersebut.
Sahabatnya yang cerdik,
Maka tingkatkan kualitas kita dihadapan Allah dengan menjaga hal-hal yang di istimewakan Allah, cukup Allah yang tahu akan upaya penjagaan ini agar terhindar dari penyakit hati, janganlah meremehkan orang lain siapapun itu, karena kita tidak tahu bagaimana orang tersebut dalam penilaian Allah, bisa jadi yang kita remehkan sesungguhnya lebih mulia, bisa jadi yang kita hormati namun sesungguhnya lebih hina.
Semoga penjagaan kualitas diri menjadikan kita sibuk dg amal kita sendiri hingga tak sempat menilai amal orang lain, amien.

Komentar