JAGALAH IMANMU SAHABAT!!!

JAGALAH IMANMU SAHABAT!!!
(Andi Abi Abdullah)

Sahabatku yang beriman,
Modal utama kita untuk bisa meraih rahmat Allah adalah IMAN, sekecil apapun iman yang kita miliki insyaAllah akan menghantarkan kita ke surganya Allah SWT, hanya barangkali harus melalui “penyucian” dulu di neraka tergantung seberapa banyak dosa yang kita lakukan.
 “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka adalah surga Firdaus menjadi tempat tinggal, mereka kekal di dalamnya, mereka tidak ingin berpindah daripadanya.” (QS Al-Kahfi 106-107)
Kita semua telah faham bahwa iman tidaklah stabil,  berubah ubah tak tentu arah, ” Al imaanu yazidu wa yankus ”  iman itu naik dan turun , karena itu menjadi sebuah kewajiban bagi kita untuk berupaya agar iman itu selalu naik, ataupun  ketika mengalami penurunan untuk segera tersadar dan memperbaiki diri agar naik kembali.
Ada beberapa cara yang bisa kita tempuh untuk menjaga agar iman selalu naik, atau minimal tidak terus menerus mengalami penurunan, :
a.        Mempelajari Ilmu agama agar makin mengenal Allah dan mengerti apa yang disukai dan tidak disukai Allah.
Ketika kita melakukan apa yang disukai dan meninggalkan apa yg tidak disukai Allah tentu Allah akan senang kepada kita (ridho).
b.        Memperbanyak ibadah sunah.
c.        Banyak bergaul dengan orang orang Sholeh.
Apabila  bergaul dengan orang sholeh maka kita akan termotivasi untuk bisa meniru menjadi sholeh, menjaga diri dari khilaf, dan akan diingatkan saat berbuat salah. Maka bersyukurlah mereka yang hidup dilingkungan Islami, masyarakat agamis, lembaga pendidikan Islam, karena disana banyak orang sholeh yang akan memotivasi kita untuk bisa mejadi lebih sholeh lagi. Inilah keberuntungan yang sesungguhnya dalam hidup ketika bisa beraktivitas bersama orang sholeh yang menyebabkan iman kita selalu naik.
Merugilah mereka yang berada dalam lingkungan islami namun imannya tak juga naik atau bahkan mengalami penurunan.
d.        Makanlah makanan yang halal.
Apa yang di makan akan sangat mempengaruhi hati kita. Bila makanan yang kita makan tidak halal maka akan mengeraskan hati dan  menyebabkan turunnya iman. Maka jagalah diri dari mengkonsumsi makanan yang tidak halal, baik secara sifat, cara mendapatkannya, maupun cara memasaknya.
Rasulullah saw bersabda, “Ketahuilah bahwa suapan haram jika masuk ke dalam perut salah satu dari kalian, maka amalannya tidak diterima selama 40 hari.” (HR At-Thabrani).
e.        Selalu ingat kematian.
Dengan selalu ingat kematian sese
“Ingatlah kematian dalam shalatmu karena jika seseorang mengingat mati dalam shalatnya, maka ia akan memperbagus shalatnya. Shalatlah seperti shalat orang yang tidak menyangka bahwa ia masih punya kesempatan melakukan shalat yang lainnya.
(HR. Ad Dailami dalam musnad Al Firdaus. Hadits ini hasan sebagaimana kata Syaikh Al Albani)


Demikian beberapa hal yang saya anggap mampu menjaga iman kita, masih banyak yang lainnya, dan mungkin tiap orang akan berbeda dalam memilih cara menjaga iman, yang terpenting adalah ada upaya sungguh sungguh untuk menjaganya, semoga kita semua menjadi orang yang terjaga imannya, terjaga akhlaknya, dan mendapat rahmat dan ridho dari Allah SWT, amin.

Komentar