AMBILLAH HIKMAH DI SEKELILINGMU

AMBILLAH HIKMAH DI SEKELILINGMU
( Andi Abi Abdullah)

Sahabatku yang pandai mengambil hikmah,
Pernahkah engkau mengalami suatu peristiwa, yang sepertinya mustahil namun ternyata terjadi dengan mudahnya terhadapmu?
Pernahkah engkau hampir berputus asa atas sesuatu namun ternyata di titik akhir sesuatu itu terjadi dengan begitu saja?
Pernahkah kita kemudian mengambil hikmah atas berbagai peristiwa tersebut dan menjadi jalan bagi penguatan iman?
Sahabatku yang rajin bermuhasabah,
Betapa sering Allah menunjukan kuasaNya dengan berbagai peristiwa mustahil menurut akal fikiran namun terjadi dengan begitu mudah semata mata menunjukan kepada kita betapa bumi langit dan segala isinya adalah dalam genggamanNya. Namun seringkali pula kita lalai dalam mengambil hikmah, lalai untuk memperkuat keyakinan justru asyik dengan “pemberian” Allah tanpa rasa syukur dan tanpa merenungi hikmah yang terkandung didalamnya.
Ingatlah wahai saudaraku,
Sadarlah wahai sahabatku,
Betapa banyak Allah telah memberi jalan agar kita makin yakin kepadaNya, betapa sering Allah menuntun kita dengan berbagai peristiwa semata mata agar kita makin bertaqwa, maka ambillah pelajaran, perbaiki diri dengan semua fasilitas yang telah Allah sediakan dengan sangat cukup di sekeliling kita.
“Sesungguhnya pada langit dan bumi benar benar terdapat tanda tanda (kekuasaan Allah) untuk orang orang yang beriman (Al- Jaatsiyah :3)”
“maka apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana dia diciptakan? Dan langit bagaimana ia ditinggikan? Dan gunung gunung bagaimana ia ditegakkan? Dan bumi bagaimana ia dihamparkan? (Al Ghaasyiyah 17-20) ”
Banyaklah mengambil hikmah sahabatku, atas setiap peristiwa yang ada di sekeliling kita, dari situ kita bisa belajar menjadi muslim yang lebih baik lagi. Selalu perbaiki diri karena kita tak akan pernah sampai pada kesempurnaan, jangan pernah berhenti berusaha karena Allah tidak hanya menilai hasil, namun juga proses.  Jadilah pribadi yang bijak, yang pandai mengambil pelajaran atas setiap peristiwa yang dialami, semoga kita semua menjadi hamba Allah yang pandai mengambil hikmah, amin.


Komentar