MENJADI ORANG TUA YANG BAIK

MENJADI ORANG TUA YANG BAIK
( Andi Abi Abdullah )

Sahabatku yang sedang menikmati bulan pengampunan,
Semoga dibulan ini kita semua mendapatkan pengampunan dari Allah atas segala khilaf dan dosa, atas segala salah dan keliru, karena sesungguhnya setiap kita tak bisa lepas dari semua itu, setiap kita memiliki dosa, maka ampunan terbaik dari Allah adalah nikmat terbesar yang kita dapatkan.

Sahabatku yang sedang menikmati bulan Pembelajaran,
Akan lebih indah romadhan kali ini apabila kita mau belajar dengan baik bagaimana mendidik anak, mendidik dengan Alquran, menjadikan Alquran sebagai pegangan hidup, kompas dalam menjalani hidup yang cukup panjang ini.
Ingatlah akan ayat Allah :

Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu Termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah). (QS. Luqman : 17)

Dalam ayat ini kita bisa mengambil beberapa pelajaran :
1.        Anak harus dididik untuk mendirikan sholat, bukan sekedar mengerjakan, apalagi sekedar disuruh, jangan merasa telah lepas tanggung jawab ketika telah menyuruh anak sholat tetapi tidak memastikan apakah sudah dikerjakan atau tidak, dikerjakan dengan baik atau tidak, telah menjadi sebuah kebiasaan atau telah menjadi sebuah kebutuhan, itu semua harus dalam bimbingan kita.
2.        Anak tidak hanya di didik untuk berbuat baik, tetapi mampu mengajak berbuat baik dengan cara yang benar, menjadi teladan bagi lingkungannya dalam kebaikan.
3.        Anak dimotivasi untuk memiliki keberanian dalam mencegah kemungkaran, diberi dan dilatih bekal yang cukup, kemudian bijak dalam bertindak.
4.        Bersabar dalam setiap kejadian, karena dalam sabar ada kemudahan, dalam sabar ada keberkahan, dalam sabar ada jalan keluar yang tidak di duga duga.

Minimal ada 4 hal yang bisa kita ambil pelajaran dalam ayat tersebut untuk mendidik anak, dan masih banyak ayat yang lain yang bisa kita pelamjari.
Sahabatku yang sedang menikmati bulan penuh hikmah,
Sebeluma mendidik anak sebaiknya kita juga banyak belajar, banyak mengambil hikmah dari perjalanan hidup  untuk diajarkan kepada anak anak.
Orang tua yang baik akan mampu menerangkan apa yang tidak faham menjadi faham.
Orang tua yang lebih baik akan memberi contoh,
Orang tua terbaik akan memberi inspirasi,

Pertanyaannya adalah orang tua seperti apa kita ini? Yang baik, lebih baik, atau terbaik?
Atau bahkan diluar dari pada itu.....karena yang kita punya hanya “kata seru” yang terwujud dalam kalimat perintah yang tidak jelas.

Marilah dibulan baik ini kita perbaiki kualitas diri, perbanyak bekal mendidik anak, sehingga kita mampu menjadikan anak  sebagai calon ahli surga, dan kita akan menemaninya tidak hanya didunia ini namun juga di surga nanti, insyaAllah. Amin.


Komentar