MEMAKNAI SEBUAH DOA

MEMAKNAI SEBUAH UJIAN
( Andi Abi Abdullah )


Sahabat sahabatku yang rajin berdoa,

Salah satu doa yang sering kita panjatkan adalah sebuah doa yang diajarkan oleh Rosulullah Saw yang berbunyi

“Ya muqollibal qulub tsabbit qolbi ‘alaa diinik ,
Wahai Dzat yang Maha Membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu.”

Dalam doa tersebut kita meminta diteguhkan hati atas Islam, yang berarti dikuatkan iman agar kuat dalam menghadapi cobaan. Lalu apakah Allah akan memberi dengan Cuma Cuma permohonan ini?
Ada sebagian yang diberi Cuma Cuma, namun tidak sedikit oleh Allah diberi ujian dan cobaan untuk membuat kita layak dan siap menerima kekuatan iman.
Apakah kita bisa memilih ujian tersebut?

TIDAK!!!
Bahkan Allah sering kali memberi ujian secara mendadak, tanpa peringatan, tak mengenal waktu. Ujian itu bisa berupa kesulitan ekonomi yang cukup lama,
Bisnis yang terganggu, keluarga yang retak, nama baik yang tercoreng, anak sakit, dan berbagai kesulitan yang lainnya.
Saat itulah sebenarnya Allah sedang memproses doa yang kita panjatkan, doa agar diteguhkan dalam islam, doa agar dikuatkan dalam iman, melalui berbagai ujian tadi, apakah kemudian kita berhasil melewatinya dengan baik, ataukah kita gagal mendapatkan anugerah dan kemuliaan dari Allah.,
Sahabatku yang rajin berdoa,
Bila saat ini kesulitan hidup sedang engkau hadapi apapun itu, maka tersenyumlah, dan yakini ini adalah bagian dari rencana Allah , rencana terbaik untuk mengabulkan doa doa yang kita panjatkan, apabila kita mampu melewati kesulitan ini dengan baik.

Semoga gelapnya malam berganti pagi, matahari segera terbit, dan kebahagiaan dalam keberkahannya segera kita nikmati, amin.

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui."

Surah Al-Baqarah ayat 216.


Komentar