MENDIDIK DENGAN CARA YANG TEPAT

MENDIDIK DENGAN CARA YANG TEPAT

Sahabatku semua yang ahli dalam mendidik,
Kita telah fahami bahwa cara menanamkan dengan kuat sebuah pesan kedalam hati seseorang adalah dengan menyentuh di sisi yang tepat, membawa dalam suasana yang mendukung, mengisi relung hati, dan memberikan contoh langsung atau keterlibatan secara langsung atas apa yang kita ajarkan.
Terkadang melihat kondisi tertentu jauh lebih efektif dalam menanamkan nilai dibandingkan dengan penjelasan teoritis yang panjang.
Saya teringat kisah seorang teman,
Dulu ketika HP masih merupakan barang mewah, istrinya minta dibelikan dengan pertimbangan keluarga dikampung semua, akan mudah dihubungi dan menghubungi. Sang teman ini tidak menjawab langsung tapi mengajaknya shilaturohim ke teman halaqoh yang ngontrak di kontrakan petak, anak banyak, dikomunitas pedagang kecil yang semuanya hidup sangat sederhana.
Melihat kondisi tersebut sang istri tersadar akan khilafnya dan minta maaf kepada suaminya.
Tidak perlu dengan ceramah panjang lebar, tidak perlu pembahasan panjang, namun  hasilnya mampu menyadarkan istri untuk lebih memiliki empati, dan mengutamakan kebutuhan dari pada keinginan.
Sebagai seorang pendidik kita harus mampu melihat momen di sekitar untuk menjadi wasilah kita dalam menanamkan nilai dan pemahaman kepada orang yang kita didik agar mampu difahami dengan baik dan tertanam dengan kuat.
Demikian juga dalam mendidik anak dalam meyakini, mencintai, dan menjadikan Alquran sebagai petunjuk jalan hidup, kita harus pandai memanfaatkan situasi yang ada sekaligus menguatkan iman agar alquran bisa tertanam kuat didalam hati, tidak sekedar dibaca, tidak sekedar di lombakan, namun menjadi ruh dan kehormatan diri.
Apakah momen yang tepat untuk mendidik agar rasa cinta terhadap alquran tertanam kuat didalam hati?
Adakah wasilah istimewa yg disediakan Allah saat ini untuk mendidik agar Alquran menjadi bagian gerak hati dan tarikan nafas?
Kapankah ada momen kusus yang akan memudahkan kita mendidik?

Semoga setiap kita memahami dan bijak dalam mendidik diri pribadi, keluarga dan lingkungan hingga Alquran benar benar menjadi pedoman kita dalam menjalani hidup ini, amin

Komentar