BEBERAPA KEUTAMAAN SHOLAT BERJAMAAH



BEBERAPA KEUTAMAAN SHOLAT BERJAMAAH


Sahabatku yang sholeh,

Kita telah memahami bahwa sholat berjamaah mendapatkan keutamaan 27 derajat kali lebih baik dibanding sholat sendiri, mari kita jaga agar disetiap kesempatan kita bisa melaksanakan sholat dengan berjamaah dimasjid agar mendapatkan keutamaan tersebut.
Selain keutamaan 27 derajat dalam berjamaah, ada beberapa hal lagi yang bisa kita dapatkan dalam sholat berjamaah apabila kita laksanakan dengan baik.

1.     Bagi yang berada di shaff pertama medapatkan sholawat dari Allah dan malaikat.
(“Sesungguhnya Allah dan para Malaikat memberikan sholawat kepada orang-orang yang berada di shaf pertama.” HR. Ibnu Hibban no.2157)

2.     Bila mengucapkan “amin” bersamaan dengan malaikat maka akan diampuni dosa yang telah lalu.
Sebagaimana Sabda Rasulullah SAW :
"Jika imam mengucapkan "Ghoiril maghdhubi'alaihim waladhdholliin", maka ucapkan "amin" karena sesungguhnya siapa yang mengucapkan "amin" bersamaan dengan ucapan malaikat maka ia akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu."

3.     Terbebas dari api neraka dan kemunafikan.

"Barangsiapa yang shalat karena Allah selama 40 hari secara berjama’ah dengan mendapatkan Takbiratul pertama (takbiratul ihramnya imam), maka ditulis untuknya dua kebebasan, yaitu kebebasan dari api neraka dan kebebasan dari sifat kemunafikan." (HR. Tirmidzi, dihasankan oleh Syaikh Al Albani di kitab Shahih Al Jami’ II/1089, Al-Silsilah al-Shahihah: IV/629 dan VI/314).

4.     Mendapatkan pahala yang lebih besar dari dunia dan seisinya.
bertanya Abdurahman bin auf kepada Rasulullah Saw. " Saya tadi terlambat melakukan takbiratul ihram bersama dengan imam karena saya mengurus harta perniagaan saya, lalu saya menyedekahkan semua dijalan Allah. Apakah tercapai pahala takbiratul ihram setelah imam ? " maka Rasul menjawab, " Tiada ". Beliau bertanya lagi " Ya Rasulullah, Aku sedekahkan semua harta yang saya miliki dijalan Allah, apakah tercapai pahala takbiratul ihram tadi ?" Rasul menjawab lagi, " Tiada ". Abdur Rahman bin 'Auf bertanya lagi, " Saya memiliki seorang hamba sahaya, saya merdekakan dia. Apakah tercapai pahala takbiratul ihram tadi ? ". Rasul menjawab lagi, " Tiada ". Lalu Rasulullah Saw. bersabda. " Hai Abdur Rahman bin 'Auf, jika dunia beserta isinya ini adalah hartamu kemudian kamu sedekahkan dijalan Allah, sungguh tiada tercapai akan kelebihan takbiratul ihram tadi. kitab Sirus Salikin halaman 188 Jilid (Juzu') 1

5.     Mendapatkan pahala sholat malam.
Barang siapa shalat isya dengan berjamaah, pahalanya seperti shalat setengah malam. Barang siapa shalat isya dan subuh dengan berjamaah, pahalanya seperti shalat semalam penuh.” (Syarh al-Bukhari, al-‘Utsaimin, 3/62, Fathul Bari, 2/154—157)

Demikian saudara saudaraku,
Beberapa keutamaan yang kita dapatkan apabila  menjaga sholat berjamaah, semoga yang sedikit ini mampu membuka hati kita, memotivasi semangat kita, dan kita terus berupaya memperbaiki diri dalam berbagai aktifitas ibadah yang kita jalani,
Semoga kedepan kita menjadi orang yang makin khusu’ dalam beribadah, bersih dari penyakit hati, dan mendapatkan surgaNya Allah SWT,  amin,   





Komentar