MENUJU PADANG KURUSETRA

MENUJU PADANG KURUSETRA
Andi Abi Abdullah

Konflik yang berkepanjangan dialami oleh Pandawa Dan Kurawa telah mencapai puncaknya dan akan ditentukan di babak terakhir yaitu di padang kuru setra. Disitulah akan terjadi penentuan dari perseteruan antara haq dan batil, antara kebenaran islam dan kedzoliman, antara jalan Allah atau jalan lainnya.
Krisna sebagai tokoh yang disegani kedua belah pihak harus memutuskan memihak kemana, akhirnya diadakan perundingan, hasil dari perundingan adalah ribuan prajurit krisna menjadi bagian kurawa, sedang krisna seorang diri menjadi bagian Pandawa. Terlihat tidak adil memang, tapi sesungguhnya kekuatan tidak terletak pada banyaknya orang.
Masuknya krisna dalam barisan pandawa adalah keuntungan besar karena krisna sangat cerdik, jago strategi, dan memiliki hati yang bersih sebagai modal awal mendapat bantuan bala tentara berupa para malaikat dari Allah SWT. Beberapa nasehat krisna untuk para pendukung Pandawa adalah sebagai berikut :
1.         Merubah strategi kampanye,
prediksinya apabila peperangan dilakukan sekarang maka skor nomor 2 menjadi 48%. Skor nomor 3 menjadi 49%. Sisa 3% yang belum membuat keputusan, inilah yang akan diperebutkan, namun harus di ingat bahwa 3% ini dari golongan menengah keatas dari segi ekonomi dan intelektual, sudah tidak tepat lagi menggunakan Al maidah 51, menggunakan kesukuan, PKI dan sejenisnya. Strategi yang dipakai adalah program apa yang akan menguntungkan kelompok 3% ini dari segi peluang bisnis, kenyamanan lingkungan, dan kehidupan sosial lainnya.
Kelompok 3% ini dari golongan intelektual karena itu mereka bisa membedakan mana hoax mana nyata, sehingga bila ada komunitas yang asyik dengan hoax akan mereka hindari, maka mulailah disiplin untuk selektif tidak membuat dan menyebarkan hoax, cek info yang masuk dari siapapun datangnya, lebih fokus pada program untuk rakyat.
2.        Dari segi aturan perang, kurawa tidak ada batasan sehingga bisa menghalalkan segala cara untuk menang, sementara pandawa terikat pada norma dan etika, serta ajaran agama, dari segi dana kurawa memiliki mesin cetak uang yang tak berseri, berapapun yang dibutuhkan tidak ada masalah, sementara pandawa hasil dari iuran pendukung dengan jumlah terbatas, maka cara untuk menang bukanlah beradu fisik, beradu dana, tapi dengan mencari dukungan besar dari tentara Allah berupa para malaikat, dukungan ini bisa datang apabila kita tidak berlaku fasik, tidak dholim, tidak menipu, tidak mengambil hak orang lain, jauhi hoax, tidak membikin dan tidak menyebarkan.
Jangan sampai pertolongan Allah tidak hadir karena salah satu barisan pandawa telah berbuat fasik dan tidak adil sebagaimana Para sahabat yang berdoa minta turun hujan namun tidak dikabulkan karena salah satu yang berdoa memakai pakaian yang bukan hak nya.
3.        Tingkatkan Akhlak kita, santun dan ramah, bersikap baik pada komunitas kelompok 2 dan golongan 3%, tunjukan budi pekerti yang baik, ahlak islam, silaturohim, kirim bingkisan, berbagi makanan, dekati mereka laksana saudara hingga mereka berpindah ke barisan pandawa bukan karena melihat yudistira atau bima, tapi karena sungkan dengan kalian yang telah berakhak mulia, biarkan mereka berfikir, satu suara tidak akan merugikan kurawa.
4.        Perbanyak ibadah, kuatkan iman, terus berdoa meminta pertolongan Allah, bersedekah, karena dengan itu semua kita bisa meraih kemenangan dengan ridho Allah.
5.        Hindari perpecahan internal, tunda pembahasan yang bisa menuju konfliq, satu dalam kesamaan tujuan, rapi dalam barisan, ikuti perintah komando, jangan berijtihad bila belum yakin mampu. Konsultasi dengan yang berilmu.
Itulah lima pesan krisna yang menjadi pegangan Pandawa lima, yang akan menjadikan lima sila (pancasila) akan tegak kembali di negeri ini.
Semoga padang kurusetra menjadi pembuktian dimana kita mengambil posisi saat Allah sedang memguji iman kita dengan ketakutan dan kematian yaitu berada dalam barisan tentara Allah, amin.
  

Komentar