MENINGKATKAN KUALITAS PUASA

MENINGKATKAN KUALITAS PUASA
Andi Abi Abdullah


Sahabat sahabatku yang bertaqwa,
Kita telah fahami dengan baik bahwa ada beberapa hal yang bisa membatalkan puasa seperti makan, minum, dan berjima’. Sehingga saat romadhon dan kita berpuasa akan berupaya tidak melakukan 3 hal tersebut selama puasa agar tidak batal. Sangat disayangkan apabila puasa kita batal karena melakukan hal tersebut.
Namun yang tak kalah penting dari menjaga puasa agar tidak batal adalah menjaga pahala puasa kita supaya tidak hilang dan puasa kita menjadi sia sia.
 “Barangsiapa tidak meninggalkan perkataan dusta dan pengamalannya serta kebodohan, maka Allah tidak butuh kepada perbuatannya yang meninggalkan makan dan minum” (HR. Al Bukhari)
Dari hadist diatas ada beberapa prilaku yang masuk kategori menjadi penyebab batalnya pahala puasa kita
1.     Berbohong
Berbohong adalah perbuatan dosa baik dilakukan saat puasa maupun tidak, dan ternyata berbohong akan menghapus pahala puasa kita.
2.     Bersumpah dan berkesaksian Palsu
Ini tingkatannya lebih tinggi dari berbohong, bahkan terkadang sambil membawa nama Allah dalam sumpahnya, Allah sangat membenci perbuatan ini.
3.     Korupsi
Korupsi adalah bagian dari kebohongan, yang dibohongi tidak hanya satu orang namun banyak orang, rakyat, karena itu wajar apabila Allah menghapus pahala puasa orang yang korupsi.
4.     Fitnah dan ghibah
Menyebarkan berita bohong atau fitnah dan menyebarkan berita kejelekan orang lain walaupun itu benar adalah bagian dari perbuatan yang merusak, ini termasuk menghapus pahala puasa.
5.     Rafats
Melakukan segala sesuatu yang memancing timbulnya nafsu baik dg kata kata, tulisan gambar dll, ini termasuk membatalkan pahala puasa

Sahabatku yang bertaqwa,
Mari kita persiapkan diri dengan baik menjelang romadhon ini, jaga amalan semata mata demi Allah dan untuk Allah, jauhi perbuatan yang bisa menghapuskan pahala puasa, jaga diri dari penyakit hati seperti ujub, sombong, riya, dengki dan lain lain.

Semoga Ramadhon kali ini akan menjadi romadhon terbaik kita dan menghantarkan kita meraih ridho Allah SWT, amiin.

Komentar