BERAPA JUMLAH IDEAL ANAK KITA ?



BERAPA JUMLAH IDEAL ANAK KITA ?
Andi Abi Abdullah


Sahabatku yang sayang pada keluarga,
Sebagai sebuah keluarga kehadiran anak adalah berkah dan rahmat, kehadiran anak adalah cahaya yang akan menyinari kebahagiaan sebuah keluarga. Maka beruntunglah kita yang telah diamanahi anak oleh Allah SWT, karena jaga rawat dan bimbing ia agar selamat dunia akherat dalam menjalani hidup ini.
Pertanyaannya adalah berapakah jumlah anak yang ideal untuk kita? Mari kita coba renungkan bersama sama.
Ada beberapa hadist Rasulullah yang menjelaskan tentang jumlah anak:

“Nikahilah perempuan yang pecinta (yakni yang mencintai suaminya) dan yang dapat mempunyai anak banyak, karena sesungguhnya aku akan berbangga dengan sebab (banyaknya) kamu di hadapan umat-umat (yang terdahulu)” [Shahih Riwayat Abu Dawud, Nasa’i, Ibnu Hibban dan Hakim dari jalan Ma’qil bin Yasar]

Ya Allah! Banyakanlah hartanya dan (banyakanlah) anaknya dan berkahilah apa yang engkau telah berikan kepadanya” [Hadits shahih riwayat Bukhari (7/152, 154, 161, 162 dan Muslim 2/128]

“Ya Allah ! Banyakanlah hartanya dan anaknya, dan panjangkanlah umurnya dan ampunkanlah ia” [Derajad hadits ini Hasan]

Dari beberapa hadist tersebut kita bisa fahami bahwa memiliki anak banyak adalah keinginan Rasullah dan doa yang beliau panjatkan untuk kita.
Dengan memiliki anak yang banyak maka populasi umat islam akan semakin besar hingga bisa mendominasi dunia, ini adalah cara termudah untuk mengislamkan dunia ini, dengan memperbanyak anak atau keturunan kita. Saat ini islam telah menyebar ke amerika dan eropa dengan cepat, tumbuh dan berkembang bagai jamur di musim hujan, salah satu penyebabnya adalah tingginya angka kelahiran muslim.
Maka sudah sepatutnya apabila kita ikut menguatkan jumlah umat dengan menambah jumlah Anak anak kita.
Apabila anak kita hanya satu atau dua, maka keberadaan anak tersebut hanya menggantikan posisi kita sebagai orang tua, tidak menambah populasi secara global, sehingga angka minimum agar kita terlibat dalam upaya menyebarkan islam dan membesarkan umat adalah memiliki 3 orang anak. (diharapkan lebih )

Langkah berikutnya adalah kita bekali anak dengan iman yang kuat dan ilmu yang cukup agar kelak saat dewasa nanti tidak menjadi beban bagi umat dan menjadi persoalan bagi negeri ini, jadikan mereka muslim yan kuat , yang mapan, sehingga mampu menjadi penjaga islam dan perawat NKRI.
Yang terpenting adalah jangan kita takut dan kawatir akan rejeki mereka setelah kita bekali ilmu dan iman, karena Allah yang menjamin rejeki mereka.

“Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut kemiskinan. Kamilah yang akan memberi rezeki kepada mereka dan juga kepadamu. “ (Qs. al-Israa’: 31)

Sahabat yang cinta kepada Anak,

Bagi kalian yang masih memiliki anak satu atau dua, mari bersama umat yang lain untuk berikhtiyar menambah keturunan kita, agar mereka kelak menjadi umat yang kan dibanggakan oleh Rasulullah SAW.
Semoga setiap anak yang terlahir dari kita menjadi anak yang sholeh dan sholeha, berbakti pada orang tua, mengabdi pada umat, dan menjadi jalan bagi kita menuju surgaNya Allah SWT. Amiin.

Komentar