PERBANYAKLAH SAKSI DI AKHERAT

PERBANYAKLAH SAKSI DI AKHERAT
Andi Abi Abdullah


Sahabat sahabatku yang sholeh,

Ketika seseorang menghadapi masalah hukum di pengadilan maka ia akan butuh banyak saksi yang kuat, saksi yang jelas informasinya, valid keterangannya agar bisa membantu menjelaskan persoalan sebenarnya hingga keputusan bisa diambil dengan benar, apabila saksi yg dimiliki kurang, datanya bias, walaupun benar bisa jadi kemudian akan kalah dipengadilan.
Itulah kenapa posisi saksi yang banyak dan sesuai sangat dibutuhkan didalam pengadilan agar bisa membantu seseorang menyelesaikan masalah hukum.
Begitu juga dengan pengadilan yang akan kita hadapi di akherat nanti....
Kita perlu memperbanyak saksi yang akan menjadi penguat atas ibadah kita, karena saat pengadilan tersebut mulut kita tidak dapat berbicara untuk membela diri.

Perhatikan surat yasin ayat 65 :  “Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan.”

Tangan dan kaki kita yang akan berbicara mengantikan mulut kita, karena selama ini mulut kita sudah banyak berbicara tidak benar, banyak berkilah dan bersiasat, banyak mencari alasan pembenaran atas kemalasan kita, namun kaki dan tangan kita yang akan menjawab dengan benar sesuai dengan apa yang kita kerjakan.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu dari Nabi SAW, beliau bersabda, "Apakah kamu merasa lemah (keberatan) apabila kamu shalat untuk maju sedikit atau mundur, atau pindah ke sebelah kanan atau ke sebelah kiri?" (HR Ibnu Majah)

Imam Al-Bukhari dan Al-Baghawi menyebutkan bahwa di antara hikmah mengapa kita berpindah tempat, antara lain disebutkan untuk memperbanyak tempat sujud atau ibadah. Karena tempat-tempat ibadah tersebut akan memberi kesaksian di hari akhir nanti 

sebagaimana firman Allah SWT
"Pada hari itu bumi menceritakan khabarnya" (QS. Al-Zalzalah: 4)

Pada saat bumi menceritakan kabarnya, saat itu bumi atau tanah menjadi saksi di hari kiamat bahwa kita pernah shalat dan bersujud di atas posisinya. Semakin banyak posisi shalat yang pernah kita ambil, maka akan semakin banyak tanah atau bumi yang akan memberikan kesaksian.

Demikian sahabat sahabatku, 
bergeser atau berpindah saat melakukan satu sholat dengan sholat lainnya adalah upaya memperbanyak saksi diakherat nanti, juga memperbanyak aktifitas kebaikan bersama banyak orang adalah upaya menjadikan orang orang tersebut menjadi saksi atas kebaikan yang kita lakukan di akherat nanti.
(makanya saya kemasjid naik motor, semoga motor ikut menjadi saksi saya pergi kemasjid di akherat nanti hehehehehe)

Demikian juga bagi antum semua yang membaca tulisan ini insyaAllah akan menjadi saksi bagi ana bahwa ana telah menyebarkan kebaikan, dan bagi siapapun yang menyebarkannya insyaAllah akan mendapat banyak persaksian, amiin.


Komentar