MENCARI RIDHO SIAPA?

MENCARI RIDHO SIAPA?
Andi Abi Abdullah



Sahabat yang ku cintai karena Allah,

Berbicara tentang akhlak maka sungguh pemilik akhlak terbaik adalah Rasulullah SAW, kesempurnaan akhlaknya tidak hanya diakui banyak orang bahkan Allah memujinya dalam Alquran

 “Dan sesungguhnya engkau benar-benar, berbudi pekerti yang luhur.” (QS.Al-Qalam:4)

Tetapi ketahuilah wahai sahabatku,

Walau akhlak Rasulullah begitu mulia, namun ternyata banyak juga orang yang tidak menyukainya, baik orang kafir maupun orang orang munafiq  karena adanya sifat dengki yang ada didalam hati mereka, sehingga yang terlihat dimata mereka adalah kekurangan dan kesalahan, yang ada di benak mereka adalah cacian dan hinaan kepada Rasululah Saw.
Sosok semulia beliau masih dicela orang, apalagi kita? Sehingga tidak mungkin kita bisa meniru akhlak Rasulullah apabila yang kita lakukan adalah upaya mendapat pujian dari semua orang.
Sahabatku,  seringkali apa yang disukai sebagian orang adalah apa yang dimurkai Allah, ketika kita berupaya melakukan apa yang sebagian orang sukai tersebut maka kemurkaan Allah akan kita dapatkan.

" barangsiapa yang mencari keridhoan manusia dengan mendatangkan kemurkaan Allah maka Allah akan murka kepadanya dan akan menjadikan manusia juga marah kepadanya, dan orang yang memunjinya akan berubah menjadi mencelanya.
Dan barangsiapa yang mencari keridhoan Allah meskipun mendatangkan kemarahan manusia maka Allah akan ridho kepadanya dan akan membuat mereka ridho kepadanya".
Maka seorang mukmin janganlah menjadikan pikirannya dan tujuannya kecuali mencari keridhoan RobNya dan menjauhi kemurkaanNya, dan kesudahan sesuatu adalah ditanganNya, serta tidak ada daya dan upaya kecuali dari Allah". (Majmu' Al-fatawa 3/232-233)

Mungkin dalam waktu yang sebentar kita bisa berupaya menyenangkan semua orang, namun apabila Allah murka maka dalam waktu yang tidak lama Allah akan buka , dengan cara yang Allah tentukan, sehingga mereka yang menyanjung kita menjadi membenci dan menjauhi.
Karena itu wahai sahabatku yang ku cintai karena Allah,

Carilah ridho Allah,
bila ridho Allah yang kita cari maka hidup  akan terasa lebih mudah, karena tak perlu lagi berkeluh kesah atas setiap ketentuan Allah, jalani saja dengan sabar dan tawakal, ketika Allah sudah ridho maka banyak  manusia yang akan ridho,  inilah keindahan akhlak dalam pergaulan yang sesungguhnya.
Hidup dalam ridho Allah, dikelilingi sahabat yang sholeh , saling nasehat menasehati dalam kebenaran dan kesabaran, itulah nikmat hidup di dunia.

Terakhir,    carilah ridho Allah, jangan jadikan ridho manusia sebagai tujuan, maka insyaAllah hidup kita akan lebih nikmat dalam setiap peristiwa yang kita temui, amien.


“Akan merasakan kelezatan/kemanisan iman, orang yang ridho kepada Allah  sebagai Rabb-nya dan Islam sebagai agamanya serta (nabi) Muhammad sebagai rasulnya.” (HR. Muslim)



Komentar