MENIKMATI MALAM JUMAT

MENIKMATI MALAM JUMAT
Andi Abi Abdullah


Sahabatku Ahli ibadah,
Ketika kita berbicara tentang malam jumat maka yang terlintas di benak kita adalah kenikmatan atau kesenangan, walaupun tidak semua orang memiliki pandangan yang sama kenikmatan atau kesenangan apa yang di maksud, itu tergantung pemahaman mana yang akan kita ambil untuk menikmati malam jumat nanti malam.
Malam jumat adalah malam istimewa, dimana Rasulullah saw bersabda: “Sesungguhnya hari Jum’at adalah penghulu semua hari, di dalamnya Allah azza wa jalla melipatgandakan kebaikan, menghapus keburukan, mengangkat derajat, mengijabah doa, menghilangkan duka, dan menunaikan hajat-hajat yang besar.
Karena begitu istimewanya hari jumat (dimulai hari kamis waktu magrib) maka kita harus maksimalkan dengan amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah sehingga mendapatkan apa yang dijanjikan Allah dengan lipatgandanya kebaikan, menghapus keburukan, mengangkat derajat dan mengabulkan doa yang kita panjatkan.
 Salah satu amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah di malam jumat adalah membaca Alquran surat Al kahfi, ini tersebut didalam beberapa hadist dimana barang siapa yang membaca surat ini akan mendapatkan banyak fadhilah dan keistimewaannya.
Imam Al-Syafi’i rahimahullah dalam Al-Umm menyatakan bahwa membaca surat Al-Kahfi bisa dilakukan pada malam Jum’at dan siangnya .... (Al-Umm, Imam al-Syafi’i: 1/237).
Keutamaan menbaca surat al kahfi di malam jumat adalah sebagai berikut :
1.      Dajjal tidak bisa memudharatkan orang yang membaca surat Al Kahfi.
“ Barang siapa membaca Surah Al Kahfi pada hari Jum’at, maka Dajjal tidak bisa memudharatkannya,”  (HR-Dailami).
2.     Mendapatkan pancaran cahaya sejauh dirinya dan Ka’bah
Diriwayatkan dari Sahabat Abu Sa’id al-Khudri bahwa Nabi Saw bersabda: “Barangsiapa membaca yang surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul ‘Atiq (Ka’bah).” (Sunan Ad-Darimi, no. 3273.)

3.     Diampuni dosanya antara dua jumat.
Dari Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma, Rasulullah SAW bersabda:
“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.”

4.    Menerangi saat hari kiamat.
Abdullah bin Umar ra berkata: Rasulullah Saw bersabda, “Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat,.......

5.     Rumah yang dibacakan surat Al Kahfi tidak akan dimaasuki setan di malam itu.
Ibnu Mardawaih meriwayatkan dari Abdullah bin Mughaffal, “Rumah yang dibacakan di dalamnya surah al-Kahfi atau al-Baqarah tidak akan dimasuki oleh setan sepanjang malam itu.”

Sahabatku Ahli ibadah,

Semoga dengan tulisan ini makin menguatkan niat kita dalam mengisi dan menikmati malam jumat ini, semoga dengan banyak berinteraksi dengan alquran kususnya dengan surat al kahfi membuat kita selamat dunia akherat dan mendapatkan kemudahaan saat hari perhitungan nanti, amien.

Komentar