PINTU SURGA MANAKAH YANG AKAN KITA MASUKI ??


PINTU SURGA MANAKAH YANG AKAN KITA MASUKI  ??
                                     Andi Abi Abdullah      


Sahabatku calon penghuni surga ( InsyaAllah )

Salah satu bentuk keadilan yang Allah berikan kepada manusia adalah adanya surga dan neraka yang diperuntukan kepada orang yang bertaqwa dan orang yang ingkar. Menjadi tidak adil apabila semua manusia masuk kedalam surga atau semua masuk kedalam neraka.
Semoga kita semua adalah orang yang mendapatkan rahmat Allah sehingga kelak akan masuk kedalam surga, amien.
Pintu surga sebagaimana disampaikan oleh Rasulullah terdiri dari 8 pintu dimana tiap pintu memiliki syarat tersendiri untuk memasukinya, ada pintu sholat, pintu puasa, pintu sedekah dan lain lain.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam  bersabda , “Surga memiliki delapan buah pintu. Di antara pintu tersebut ada yang dinamakan pintu Ar Rayyan yang hanya dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa.” (HR. Bukhari no. 3257)

Ketika kita diijinkan memasuki salah satu pintu dari delapan pintu tersebut tentu sudah sangat istimewa, namun ternyata Allah masih menjanjikan yang lebih baik dari itu, yaitu kita diperkenankan untuk masuk kedalam pintu surga melalui pintu manapun yang kita sukai apabila mampu melaksanakan syarat atau ketentuan yang Allah berikan.
1
.   Akidahnya benar/lurus.
”Aku bersaksi bahwa tidak ada yang berhak disembah selain Allah semata tidak ada sekutu bagi-Nya dan bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya. Serta Isa adalah hamba Allah dan anak salah satu hamba-Nya. Kalimat-Nya disampaikan kepada Maryam dan ruhnya berasal dari Allah. (Ia juga bersaksi) bahwa surga adalah benar adanya, neraka juga benar adanya; niscaya Allah akan memasukkannya ke surga dari delapan pintunya manapun yang ia kehendaki”. (HR. Muslim dari Ubadah bin ash-Shamit radhiyallahu’anhu).

2.   Taat dalam beribadah.
”Barangsiapa menyembah Allah dan tidak mempersekutukan-Nya dengan suatu apapun, menegakkan shalat, menunaikan zakat, mendengar dan taat (kepada pemerintah); niscaya Allah akan memasukkannya lewat pintu surga manapun yang ia maui. .....”. (HR. Ahmad dari Ubadah bin ash-Shamit ra).

3.    Patuh pada suami.
Jika seorang wanita menunaikan shalat lima waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menjaga kemaluannya dan menaati suaminya; niscaya akan dikatakan padanya: “Masuklah ke dalam surga dari pintu manapun yang kau mau”. (HR. Ahmad dari Abdurrahman bin ‘Auf radhiyallahu’anhu dan dinyatakan hasan oleh Syaikh al-Albany).

4.    Menyempurnakan wudhu dan bersahadzat.
“Tidaklah ada seorangpun di antara kalian yang berwudhu, lalu ia sempurnakan wudhu’nya kemudian mengucapkan:
aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak diibadahi kecuali Allah saja, tidak ada sekutu bagiNya dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hambaNya dan RasulNya, kecuali akan dibukakan baginya delapan pintu-pintu surga.” (HR. Muslim No.553

5.    Hadiah bagi yang tertimpa musibah ditinggal 3 anaknya sebelum baligh.
 “Tidaklah seorang muslim ditinggal mati tiga orang anaknya yang belum baligh melainkan mereka akan menjemputnya di delapan pintu Surga, ia masuk melalui pintu manapun yang ia suka.” (HR. Ibn Majah )


Sahabatku calon ahli surga (insyaAllah)

Demikian beberapa hal yang bisa menghantarkan kita menjadi orang pilihan Allah untuk memasuki surga dari pintu manapun, semoga memotivasi kita untuk bisa meraihnya.


Terakhir, apabila kelak disurga kalian tidak menemukanku , maka menghadaplah Allah dan mintalah agar aku dimasukan surga bersama kalian.

Komentar