SURGA YANG DI RINDUKAN

SURGA YANG DI RINDUKAN
Andi Abi Abdullah


Sahabatku calon tetanggaku disurga,
Siapapun kita, tentu memahami bahwa tempat kembali  nanti hanya ada 2 pilihan, surga atau neraka.
Bagaimanapun kita, tentu menginginkan  tempat yang akan di tuju nanti adalah surga.
Bagaimana tidak? Begitu banyak kenikmatan yang dijanjikan disurga,
 sementara neraka menjanjikan siksa yang menakutkan, maka wajar kita semua tanpa melihat kondisi masing masing saat ini semua mengharapkan surga.

Mari kita lebih cermati apa yang Allah janjikan di dalam surga :

“Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang beriman dan berbuat kebajikan, bahwa untuk mereka (disediakan) surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Setiap kali mereka diberi rezeki buah-buahan dari surga, mereka berkata, “Inilah rezeki yang diberikan kepada kami dahulu.” Mereka telah diberi (buah-buahan) yang serupa. Dan di sana mereka (memperoleh) pasangan-pasangan yang suci. Mereka kekal di dalamnya.” Al-Baqarah 25

“Di dalam surga itu ada bidadari-bidadari yang membatasi pandangan, yang tidak pernah disentuh oleh manusia maupun jin sebelumnya.”  Ar-Rahman 56

Surga menjanjikan keindahan alam dengan sungai sungai yang indah, dengan buah buah yang siap petik, dengan bidadari bidadari untuk melayani kita dan memenuhi syahwat kita.

“Kepada mereka diedarkan piring dan gelas dari emas, dan di dalam surga itu terdapat apa yang diingini oleh hati dan segala yang sedap (dipandang) mata.”  Az-Zukhruf 71

“Mereka berada di atas dipan-dipan yang bertahtakan emas dan permata, mereka bersandar di atasnya berhadap-hadapan.” Al-Waqi’ah 15-16

“Di dalamnya (surga) kamu memperoleh apa yang kamu inginkan dan memperoleh apa yang kamu minta.”  Fussilat 31

Segala peralatan makan, minum, tempat duduk, semua bertaburkan emas dan permata, apapun keinginan yang terbesit dalam hati akan tersedia, mata kita dimanjakan dengan segala sesuatu yang semuanya indah.

“mereka tak pernah berduka serta tak pernah merasa lelah dan tiada merasa lesu”
Fathir. 34-35

"Kami lenyapkan segala rasa dendam yang ada dalam hati mereka, sedang mereka merasa bersaudara. ” Al-Hijr: 47-48

Di surga tak ada lagi masalah hidup,  keluh kesah,  kesedihan, semua dalam kebahagiaan dan kegembiraan, tak ada lagi dendam dan iri dengki, kita semua saling menyayangi dan terikat dalam persaudaraan yang erat,  sehingga kenikmatan fasilitas menjadi makin nikmat karena dibarengi dengan kebersamaan dan cinta.

Sahabatku calon tetangga disurga,
Demikian banyak keindahan yang kita dapatkan, demikian nikmat fasilitas yang disediakan namun itu belum semua, karena puncak dari segala keindahan dan kenikmatan akan kita dapatkan ketika  bertemu secara langsung dengan Allah SWT.
Ini di sampaikan Rasulullah dalam salah satu hadistnya yang berbunyi :

“Ketika penghuni surga masuk surga, ALLAH swt berkata : ‘apakah kalian menginginkan supaya Aku menambah sesuatu ?’ Mereka kemudian menjawab: ‘Bukankah Engkau telah memutihkan wajah-wajah kami ? Bukankan Engkau telah memasukkan kami kedalam surga dan menyelamatkan kami  dari neraka ?’ Nabi SAW bersabda : ‘Kemudian tabir disingkapkan, maka mereka tidak diberi sesuatu yang lebih mereka sukai daripada memandang kepada Tuhan mereka ALLAH TABARRAKA WA TA’ALA.” (HR. Muslim dan Tirmidzi dari Shuaib Ar-Rumi ra).

Inilah puncak dari kenikmatan surga, bertemu secara langsung dengan Allah, maka segala fasilitas yang disediakan surga terasa tidak  ada artinya, tak sebanding dengan ketika  mampu memandang Allah SWT.


Demikian saudaraku, berbagai keindahan yang kita dapatkan apabila menjadi orang yang beriman dan bertaqwa, karena itu segera tinggalkan hal yang sia sia, tinggalkan segala sesuatu yang tidak menjadikan kita dekat dengan Allah, tinggalkan riba, tinggalkan pertikaian yang tidak perlu, tinggalkan perbuatan dosa, hingga kita layak mendapatkan segala kenikmatan fasilitas surga dan bertemu dengan Allah SWT,   semoga.

Komentar