IMAN ADALAH CINTA


IMAN ADALAH CINTA
Andi Abi Abdullah


Sahabatku yang beriman,
Iman adalah bentuk pengakuan dan keterikatan seseorang dengan tuhan yaitu Allah SWT dimana dalam hubungan tersebut harus muncul rasa cinta yang dalam kepada Allah SWT.

Kenapa harus ada rasa cinta?

Karena dengan cinta seseorang akan  merasa sangat dekat dan memiliki ketergantungan dengan yang di cintai. Ini artinya ketika seseorang mengaku beriman maka ia mengakui ada rasa cinta, ada ketergantungan kepada Allah  didalam hatinya.
sebuah ayat Alquran Surat Ali Imron ayat 31 yang berbunyi :
QS Ali Imran : 31

Katakanlah (Wahai Rasulullah), Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.”

Didalam ayat ini kita diajarkan bahwa bentuk cinta kepada Allah harus dibuktikan dengan mengikuti amalan yang di contohkan Rosulullah Saw, kita, bila itu semua sudah kita jalankan baru Allah akan mengampuni dosa kita dan mencintai serta mengasihi kita.

Menjadi aneh ketika ada seseorang yang mengaku mencintai Allah namun amalan atau aktifitasnya jauh dari yang di contohkan Rasulullah Saw.

Sahabatku yang ku cintai karena Allah,
Seseorang akan merasakan manisnya iman kepada Allah apabila memenuhi beberapa persyaratan yaitu :
1.        Mencintai Allah dan Rasulullah diatas segalanya.
2.       Mencintai saudaranya seperti mencintai dirinya sendiri.
3.       Takut berbuat maksiyat sebagai mana takutnya masuk neraka.

Ketika kemudian kita merasa telah beriman namun belum merasakan manisnya, hambar, tanpa kenikmatan,  maka harus segera instrospeksi diri,
Apakah benar kita telah mencintai Allah dan Rasulullah diatas segalanya?
Apakah benar telah mencintai saudara seiman sebagaimana diri sendiri?
Apakah kita begitu takut maksiyat sebagaimana takutnya masuk neraka?

Bila ternyata mulut kita bicara beriman namun kita tidak memiliki cinta seperti itu dan tidak takut maksiyat maka iman kita  palsu, segeralah bertobat, perbaiki diri, bersihkan hati, karena penyebab terbesar masalah seseorang berawal dari hati yg berpenyakit.

Orang-orang yang beriman lebih kuat cintanya kepada Allah. (Al-Baqarah 165)

Sahabatku yang mencintai Allah,
Ada 2 tanda yang harus dimiliki seseorang ketika mengaku telah mencintai Allah yatitu :

Pertama,  Mencintai segala hal yang dicintai Sang Kekasih dan membenci segala hal yang dibenci Sang Kekasih. Ridlo terhadap yang diridloi Sang Kekasih dan marah  terhadap yang dimarahi kekasih.
Ketika Allah mencintai sholat, baca alquran, ibadah ibadah sunah, maka kita pun harus mencintai hal tersebut. juga mencintai orang orang yang mengamalkan ibadah tersebut.
ketika Allah membenci orang munafiq, orang fasik, orang kafir, maka kita tidak boleh menjadi sahabat dekatnya, apalagi menitipkan kepercayaan kepadanya.

Kedua, merasa nikmat ketika menyebut nyebut nama dan sifatNya.
Kenikmatan inilah yang akan menguatkan iman didalam hati kita, maka perbanyaknya menyebut/dzikir nama dan sifat Allah agar engkau bisa merasakan nikmat tersebut,

Demikian Saudaraku, iman adalah cinta
Dengannya kita bisa mengarungi hidup ini  penuh dengan keindahan dan Rahmat Allah.
Makin kuat seeorang dalam mencintaiNya akan semakin kuat pula dalam mencintai orang orang yang di cintaiNya.
marilah kita saling menyinta, agar keberkahan menaungi kita sepanjang hidup dan menghantarkan kita masuk ke dalam surga, semoga.



Komentar