PELAJARILAH FIQIH MAKA ENGKAU MENJADI BIJAK


PELAJARILAH FIQIH MAKA ENGKAU MENJADI BIJAK
Andi Abi Abdullah


Sahabatku yang ahli ilmu,

Untuk bisa berislam secara kaffah kita harus faham aturan dalam semua perilaku ibadah dan prilaku akhlak, karena tanpa faham itu maka apa yang kita kerjakan belum tentu benar, karena belum tentu memiliki dasar hukum yang diajarkan islam.
Aturan dan ketentuan tersebut dikenal dengan ILMU FIQIH.

Kita semua faham bahwa terdapat beberapa perbedaan dalam ilmu fiqih ini, beberapa ulama besar (imam mazhab) yang hidup dilingkungan yang berbeda, zaman yang berbeda, latar belakang berbeda, permasalahan masyarakat yang berbeda akhirnya memunculkan beberapa pemahaman fiqih yang berbeda pula.
Menjadi sangat penting bagi kita memahami perbedaan ini sehingga kita tidak menjadi orang yang mudah menolak fiqih yang berbeda dengan yang di anut kemudian menyalahkan fiqih yang lain, padahal fiqih yang berbeda tersebut memiliki dasar hukum yang kuat pula.
Jangan sampai terjadi, kita ngotot menyalahkan fiqih orang lain tanpa dasar sementara kita sendiri tidak tahu dasar hukum fiqih yang kita anut, sekedar meniru tanpa ilmu, ini sudah keterlaluan.
Dengan pertimbangan tersebut maka belajar fiqih itu menjadi sangat penting, agar kita benar dalam beribadah, tahu dasarnya, dan tidak mudah mencela ibadah orang lain. 

Begitu pentingnya ilmu fiqih ini hingga Allah ingatkan dalam alquran :
QS At Taubah 123;

Maka apakah tidak lebih baik dari tiap-tiap kelompok segolongan manusia untuk ber tafaqquh (memahami fiqih) dalam urusan agama dan untuk memberi peringatan kaumnya bila mereka kembali; mudah-mudahan kaumnya dapat berhati-hati (menjaga batas perintah dan larangan Allah.

Bahwa diperbolehkan sebagaian umat ini tidak ikut berperang untuk belajar fiqih, agar bisa mengajarkan kepada yang lainnya. Ini merupakan keringanan sekaligus tanggung jawab besar untuk mencerdaskan umat, menjaga ibadah mereka agar tetap sesuai dengan tuntunan yang Rasulullah ajarkan.
Bahkan Rasulullah mengingatkan kepada kita bahwa ketika seseorang akan diangkat derajatnya oleh Allah maka difahamkan dirinya dengan ilmu fiqih :

Barangsiapa dikehendaki oleh Allah akan diberikannya kebajikan dan keutamaan, niscaya diberikan kepadanya ke-faqih-an (memahami fiqih) dalam urusan agama. (HR. Bukhari-Muslim).

Mulialah mereka yang mempelajari ilmu fiqih, menjalankannya, mengajarkannya, dan menuntun umat agar tidak tersesat dalam beribadah.


Saudaraku yang faham ilmu fiqih.

Mari bersama sama kita belajar, kita dalami ilmu yang diajarkan oleh para ulama kita ( imam mazhab) agar kita mengerti dan faham atas segala persoalan fiqih makin benar dalam beribadah, faham atas adanya perbedaan, tidak lagi mencela ibadah orang lain.
dengan ilmu fiqih kita bisa faham adanya perbedaan, dan sabar dalam bersikap. menjadikan diri kita lebih bijak dalam menjalankan ibadah.

Semoga dengan ilmu fiqih kita menjadi semakin bijaksana, semakin matang, tak memaksakan kehendak dan pemahaman, semua berjalan beriring dengan keyakinan masing masing. Harmoni dalam ukhuwah islam, aamiin.



Komentar