PILIHLAH AMAL AKHERATMU


PILIHLAH AMAL AKHERATMU
Andi Abi Abdullah


Saudara saudaraku calon ahli surga,

Kita memiliki cita cita yang sama yaitu kelak akan masuk kedalam surga yang diperuntukkan bagi orang orang yang disayang Allah. Yang berbeda adalah cara kita mempersiapkannya untuk menuju kesana.
Sebagian begitu serius hingga meninggalkan semua urusan dunia,
Sebagian membagi waktunya kapan untuk bekal akherat, kapan untuk kehidupan dunia,
Sebagian lagi menggunakan sisa waktunya saja untuk mencari bekal akherat,
Dan tak sedikit yang hanya berkeinginan, bercita cita namun tidak ada upaya menuju kesana.
Padahal apa yang Allah janjikan didalam surga adalah kenikmatan yang abadi.

Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka adalah surga Firdaus menjadi tempat tinggal. Mereka kekal di dalamnya, mereka tidak ingin berpindah daripadanya.” (QS. Al-Kahfi : 107-108)


Sahabatku calon ahli surga,

Untuk mendapatkan kesempatan terbaik yang Allah sediakan tersebut mari kita upayakan dengan secara serius dan benar dalam mengikuti perintahNya dan menjauhi laranganNya.
Selain itu, rayulah Allah dengan amalan tambahan yang istimewa, amalan yang kita lakukan secara kusus untuk mendapatkan “perhatianNya”, kasih sayangNya.

Banyak contoh amalan istimewa yang telah dilakukan para sahabat Rasulullah dan bisa kita tiru, misalnya menjaga diri selalu berwudhu, membaca surat yang sama setiap sholat karena mencintai surat tersebut, berbakti secara total kepada orang tua, dan lain lain.
Maka marilah sahabatku, kita pilih amalan istimewa kita, lakukan secara istiqomah, jauhi dari penyakit hati (riya, ujub, sombong)  atas amalan tersebut, dan berdoalah dengan yakin, dengan berbaik sangka bahwa Allah akan memasukkan kita ke surga melalui wasilah amalan tersebut.

Sahabatku, sekedar berbagi cerita untuk saling memotivasi, dimasjid dekat rumahku ada seseorang yang saya sering memperhatikannya dan membuatku kagum,
Ia, seseorang yang kesehariannya berseragam, mapan, sudah menunaikan rukun islam ke 5, namun amalan istimewa yang ia pilih sungguh luar biasa.
Setiap hari setiap ada waktu siang ataupun malam, beliau menyapu pelataran masjid. Ini dilakukan sudah sekian lama,

bukan sekali dua kali karena pencintraan,

Bukan karena sedang di lihat orang,

Ia kerjakan kapanpun, ada orang atau pun tidak.

Saya fikir beliau adalah orang yang sangat cerdas, ketika yang lain berebut melakukan amal yang biasa, yang mudah, yang bisa bertabur pujian dan penghormatan, ia memilih amal sederhana yang tidak menjadi rebutan, sehingga insyaAllah akan lebih terjaga dari penyakit hati.
Hanya orang yang cerdas yang mampu melakukan ini, memilih amalan yang tidak diminati banyak orang, tanpa banyak rintangan godaan, saya doakan beliau istiqomah dengan amalnya, dan kelak mendapatkan surga yang di janjikan. ( semoga saya menjadi tetangganya disurga)

Lalu bagaimana dengan kita?

Amal istimewa apa yang kita pilih?

Jangan sampai kita menjadi orang yang enggan masuk surga dan tak berminat melakukan amal ibadah istimewa

“Semua umatku pasti akan masuk surga kecuali orang yang enggan.” Para shahabat bertanya, “Ya Rasulullah, siapakah orang yang enggan itu?” Beliau menjawab, “Barangsiapa mentaatiku pasti masuk surga, dan barangsiapa mendurhakaiku maka dialah orang yang enggan (tidak mau masuk surga, pent).”. (HR. Al-Bukhari no.6851, dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu).

Semoga tulisan sederhana ini mengingatkan kita bahwa ada tujuan akhir yang akan kita tuju di akherat nanti yaitu SURGA, aamiin.



Komentar