BAHAYA DAMPAK AKSI TERORISME


BAHAYA DAMPAK AKSI TERORISME
Andi Abi Abdullah


Sahabatku pecinta surga,

Beberapa tahun belakangan kita disibukkan dengan berbagai berita aksi terorisme, tidak hanya yang terjadi dibelahan bumi yang jauh tapi juga di negeri kita sendiri.
Yang terbaru adalah menjelang memasuki bulan suci romadhon terjadi peledakan di tempat ibadah dan kantor polisi, menimbulkan korban jiwa baik maninggal maupun luka luka. Tentu ini memberikan dampak yang tidak sederhana, tidak hanya bagi korban dan keluarganya, namun juga bagi kita semua.
Sangat memperihatinkan memang, ketika disaat semua mempersiapkan diri menghadapi romadhon ada aksi konyol apapun alasan dan pertimbangannya.

Sahabatku perindu surga,

Islam adalah agama damai,  yang mengajarkan kasih sayang,  menguatkan toleransi, dan membimbing untuk saling menghormati.
Bahkan islam melarang membunuh orang lain, baik muslim maupun non muslim tanpa hak, banyak ayat yang mengingatkan itu, salah satunya adalah surat Al Maidah ayat 32  yang artinya :

“Barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan dimuka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya.” (QS. Al Maidah: 32).

jelas sekali bahwa membunuh manusia tanpa hak adalah sebuah dosa besar karena disamakan dengan membunuh seluruh manusia,  maka tak ada alasan apapun ketika seseorang membunuh orang lain  tanpa hak maka ia telah melakukan perbuatan dosa besar dan di benci Allah.

Sahabatku calon penghuni surga,

Islam adalah agama yang sempurna, lengkap. Setiap persoalan hidup dan mati telah diatur ketentuannya.
Islam mengajarkan berdagang juga mengajarkan berkeluarga
Islam mengajarkan belajar juga mengajarkan bertetangga
Islam mengajarkan mencintai Allah juga mengajarkan mencintai manusia
Bahkan islam mengajarkan jihad juga mengajarkan toleransi.
Jihad tidak selalu memiliki arti perang atau qital, karena secara makna jihad artinya bersungguh sungguh dalam mengeluarkan segala kemampuan, dalam bidang apapun.
Sedang Qital adalah pengertian jihad ketika berada di medan perang dalam menghadapi musuh.
Maka tidak benar kalau arti jihad yang berarti qital dilakukan di negeri damai, justru akan menimbulkan masalah baru.

Sahabatku calon tetangga disurga,

Ketika seseorang salah dalam memahami arti jihad, kemudian berlanjut pada salah dalam menterjemahkan arti prilaku terorisme akan ada 2 dampak yang saya kawatirkan.
PERTAMA, dengan adanya prilaku terorisme akan memotivasi orang orang yang kurang ilmu dan pemahaman untuk meniru aksi tersebut sebagai jalan pintas menyelesaikan persoalan hidupnya.
 Kesulitan ekonomi, permasalahan keluarga, karier yang hancur, akan membuat orang frustasi kemudian mencari jalan pintas dari semua itu dengan mimpi “surga”  akhirnya terjadilah aksi terorisme kembali.
Ini kekawatiran  saya yang pertama.
KEDUA, aksi terorisme membuat orang islam takut dengan ajaran islam, seolah olah itu adalah ajaran islam, akhirnya tidak mau belajar agama, jauh dari kajian ilmu, dan enggan bergaul dalam jamaah. Bahkan yang lebih parah melarang anak belajar agama, bergaul dengan orang sholeh, kawatir anak kalau rajin ke masjid.
Yang lebih ekstrim bahkan lebih baik anak pergi dugem dari pada menghadiri kajian islam,
Lebih baik anak kena pergaulan bebas dari pada bergaul dengan aktivis masjid.
Inilah  kekawatiran saya yang kedua, semoga kita semua terhindar dari dua kekawatiran tersebut.
Harapan saya peristiwa terorisme justru membuat kita sadar untuk belajar agama lebih baik lagi, agar tidak mudah disesatkan dengan pemahaman yang salah.
 dengan adanya aksi terorisme membuat kita termotivasi untuk menjaaga ukhuwah, berjamaah, saling menjaga dan menguatkan agar paham tersebut tidak memiliki ruang untuk berkembang.
Kemudian bersama sama bergandengan tangan kita sebarkan bahwa terorisme bukanlah islam, karena islam menebarkan kasih sayang.
Semoga setiap peristiwa dapat kita ambil hikmah dan pelajarannya, agar kita semakin baik kualitasnya dihadapan Allah, aamiin.  




Komentar