BELAJAR IKHLAS


BELAJAR IKHLAS 

Andi Abi Abdullah




Sahabatku yang sedang belajar Ikhlas,

Telah kita fahami bahwa sebuah amal yang akan diterima Allah adalah amal yang dilakukan secara ikhlas, tidak ada niat lain. Artinya bahwa apabila sebuah perbuatan didasari karena ingin dipandang baik oleh orang lain, ingin pujian, agar dianggap ahli ibadah, dianggap pandai, berkedudukan, maka amal tersebut tidak ada nilainya dihadapan Allah.
Ikhlas berarti melakukan sesuatu  dalam rangka semata mata mengharap ridho Allah SWT. ini sering kita ucapkan dalam sholat kita :

قُلْ إِنَّ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِ

Katakanlah: sesungguhnya sembahyangku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam. (Al An’am 162 )



Sahabatku yang sedang belajar Ikhlas,

Ukuran sebuah amal itu ikhlas atau tidak bukanlah pada tampak atau tidaknya sebuah perbuatan.
Amal yang ditampakkan agar mendapat penghargaan orang lain itu bukan Ikhlas, namun amal yang ditampakkan sebagai pembelajaran dan motivasi bisa ikhlas.
Amal yang disembunyikan namun berbangga diri itu tidak ikhlas, namun amal yang disembunyikan dalam rangka menjaga hati itu bisa ikhlas.
Artinya ikhlas itu terletak pada niat dan gerak hati, bukan pada pengamalannya, ingatlah satu hal penting ini sahabatku ,

“Meninggalkan amal karena manusia adalah riya’’

 “Beramal karena manusia adalah syirik”

maka luruskan niat sebelum beramal agar terjaga keikhlasan kita.
Allah SWT dalam menguji kualitas kita dilihat dari kualitas amal kita, sesuai tuntunan atau tidak, ikhlas atau tidak, dari situ kemudian manusia digolongkan sesuai kualitas masing masing.

الَّذِي خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيَاةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا ۚ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْغَفُورُ

Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun (Al Mulk : 2 )

makna dari kata ahsanu ‘amala (lebih baik amalnya) adalah akhlasuhu wa Ashwabuhu, yang lebih ikhlas dan lebih benar (sesuai tuntunan).
Jadi sebuah amal akan mengangkat derajat kita dihadapan Allah apabila dilakukan sesuai tuntunan, dengan ilmu, secara Ikhlas. Semoga kita semua bisa beramal secara Ikhlas dan terus belajar menuju keikhlasan secara sempurnya, aamiin.








Komentar