LOMBA NYEROK IKAN


LOMBA NYEROK IKAN
Andi Abi Abdullah


Sahabatku yang senang menangkap ikan,
Salah satu acara yang bagus untuk kebersamaan adalah lomba menyerok ikan di kolam.
Tentu akan menyenangkan dan membuat kita bisa tertawa, gembira  bersama.
Akan lebih menarik apabila dibikin ketentuan lomba menyerok ikan mas dikolam lele, ada ratusan bahkan ribuan ikan lele dan diantaranya ada sedikit atau puluhan ikan mas. Ikan yang ditangkap boleh dibawa pulang.
Ketentuannya adalah  pemenang adalah yang paling banyak menangkap ikan mas.
Ada 2 kemungkinan yang akan dilakukan peserta :
1.        Peserta memilih dengan serius dan hati hati untuk menangkap ikan mas diantara ribuan ikan lele.
2.       Peserta menyerok apapun ikan yang ada di depannya, berharap ikan mas ikut terserok bersama kawanan ikan lele.
Sahabatku yang gemar makan ikan bakar,
Diantara 2 cara tadi tidak ada yang salah, namun salah satunya lebih efektif, cara ke dua dengan menyerok apapun ikan yang ada didepannya itu tidak rugi, karena ikan apapun yg didapat boleh dibawa pulang, kalaupun tidak juara, membawa banyak ikan lele juga menyenangkan. Syukur syukur ternyata banyak juga ikan mas yang terserok, selain bawa pulang banyak ikan lele kita juga juara karena banyak menangkap ikan mas.
Lalu apa yg bisa kita pelajari, kita ambil pelajaran dan nasehat dari peristiwa ini?

Sahabatku yang pandai mengambil hikmah kehidupan,
Dalam beribadah dan beramal, yang terbaik adalah yang dilakukan secara Ikhlas hanya untuk Allah dan karena Allah. Namun ikhlas bukan lah perbuatan yang mudah, bahkan seseorang yang masih memikirkan ikhlas atau tidak, yang merasa ikhlas, sesungguhnya belum sampai pada Ikhlas yang sesungguhnya, sehingga kita harus terus belajar dan berlatih menuju ikhlas tersebut.
Kalau kita mau beribadah dan beramal baik menunggu sampai pada tahapan bisa ikhlas maka saya kawatir  selamanya tak beribdah dan beramal, karena sulitnya menjadi ikhlas.
Beribadah dan beramal baik sebanyak mungkin, sambil terus belajar berupaya menjadi ikhlas, semoga Allah menjadikan salah satu, salah dua, atau salah banyak dari yang kita lakukan dinilai Ikhlas oleh Allah SWT.
Kalaupun ternyata belum ada yang ikhlas maka insyaAllah usaha kita untuk belajar, upaya kita yg serius akan mendapat nilai dihadapan Allah.
kalaupun sedikit darinya yg ikhlas dari sekian banyak amal kita, maka insyaAllah niat baik  akan mendapat nilai tersendiri dihadapan Allah,
semangat kita untuk beramal akan menyenangkan Allah,
dan semoga rahmat Allah akan turun untuk kita atas segala upaya tersebut walaupun belum ikhlas.
Bukankah tidak rugi pulang membawa banyak ikan lele walaupun kita tidak juara?

Sahabatku yang pandai mengambil hikmah,
Banyak keterangan yang menjelaskan bahwa amal yang tidak ikhlas akan sia sia, namun apa yang kita lakukan bukanlah dengan sadar berbuat tidak ikhlas, apa yang kita lakukan disadari dengan benar adalah proses menuju ikhlas, semoga ini tidak menjadi sia sia, aamiin.


                       “Meninggalkan amalan karena manusia adalah riya,
                                            Beramal karena manusia termasuk kesyirikan”





Komentar