JANGANLAH MELAKNAT ORANG TUAMU


JANGANLAH MELAKNAT ORANG TUAMU
Andi Abi Abdullah



Sahabatku yang berbakti,

Secara logika umum judul janganlah melaknat orang tua adalah hal yang tidak masuk akal.
Bagaimana mungkin seorang anak akan melaknat orang tuanya?
Orang yang telah mengandungnya sekian lama
Yang telah menyusui dan membesarkannya
Yang telah menafkahinya dan mendidiknya hingga dewasa.

Namun ternyata pemahaman atas nasehat tersebut tidak sesederhana itu, Rasulullah yang telah mengingatkan kita agar jangan melaknat orang tua dalam sebuah hadistnya :

Dari Abdullah bin ‘Amru radhiyallahu ‘anhuma dia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya termasuk diantara dosa terbesar adalah seseorang melaknat kedua orang tuanya sendiri, ” Beliau ditanya; “Bagaimana mungkin seseorang tega melaknat kedua orang tuanya?” Beliau menjawab: “Seseorang mencela (melaknat) ayah orang lain, kemudian orang tersebut membalas mencela ayah dan ibu orang yang pertama.”  (H.R. Bukhori 5973)

Melaknat orang tua adalah dosa besar, baik dengan melaknat secara langsung kepada orang tua kita maupun tanpa sadar kita melakukannya dengan melaknat orang tua orang lain dan orang tersebut melaknat orang tua kita.
Maka hati hatilah wahai sahabatku, jagalah lisan kita agar tidak mudah mengucapkan kalimat celaan atau hinaan atau bahkan laknat kepada orang lain. Karena bisa jadi celana , hinaan, laknat tersebut berbalik kepada kita atau orang tua kita.

Terakhir, mari kita jaga kehormatan orang tua dengan :
1.   Patuh kepada perkataannya selama tidak menyalahi hukum Allah.
2.   Berupaya menggembirakannya dengan bercengkrama dengannya.
3.   Melayaninya dengan rendah hati.
4.   Menjalin hubungan baik dengan teman teman orang tua

“Sesungguhnya termasuk kebaikan seseorang adalah menyambung tali silaturrahmi kepada teman-teman bapaknya sesudah bapaknya meninggal” [Hadits Riwayat Muslim No. 12, 13, 2552]

5.   Menafkahi orang tua.
6.   Selalu mendoakan kedua orang tua dalam setiap doa.

Demikian sahabatku yang berbakti,
Semoga kita semua menjadi anak yang bisa menjaga kehormatan orang tua dan menjadi kebanggaannya, sekaligus bisa menjadi orang tua yang menjadi contoh yang membanggakan bagi anak anak kita, aamiin.



Komentar