SUNAH YANG TERLUPAKAN ( 1 )


SUNAH YANG TERLUPAKAN ( 1 )
Andi Abi Abdullah

Sahabatku ahli sunah,
Sebagai bentuk kecintaan kita kepada Rasulullah sekaligus ketaatan kepada perintah Allah maka kita sudah seharusnya meniru seluruh prilaku Rasulullah sebatas kemampuan maksimal kita. Berupaya menjadikan Akhlak dan kebiasaan Rasul sebagai akhlak dan kebiasaan kita. Namun tak sedikit kita belum tahu atau bahkan lalai atas beberapa hal yang sebenarnya bisa kita laksanakan, untuk itu dalam beberapa tulisan ke depan saya akan sampaikan beberapa sunah yang terlupakan semoga menjadi pengingat kita semua.
1.         
Is       Istikhoroh.
Istikhoroh adalah sholat sunah mohon petunjuk kepada Allah atas hajat yang kita laksanakan. Sholat istikhoroh tidak terbatas pada ketika memiliki 2 pilihan saja, juga saat kita ragu, saat kita belum menemukan jalan keluar, maka sholatlah mohon petunjuk kepada Allah.
Secara teori ini difahami oleh banyak orang, namun sedikit sekali yang melakukannya ketika menghadapi persoalan.

2.       Meminta ijin bertamu maksimal 3 kali.
Saat bertamu biasanya kita mengetuk pintu atau mengucapkan salam, yang diajarkan Rasulullah adalah kita mengetuk pintu atau mengucapkan salam maksimal 3 kali, apabila sudah 3 kali belum ditemui maka kembalilah, artinya orang yang kita kunjungi belum berkenan untuk bertemu.
Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, “Adab meminta izin itu hanya tiga kali, jika tidak diizinkan maka seseorang harus pulang.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

3.       Mengikuti bacaan muadzin.
Saat kita mendengar muadzin sedang adzan sebaiknya kita diam, saat muadzin selesai melafazhkan satu kalimat maka kita ikuti dengan kalimat yang sama, ini diperintahkan Rasulullah dalam sebuah hadistnya “Jika kalian mendengar adzan, maka ucapkanlah seperti yang diucapkan oleh muadzin, kemudian bershalawatlah kepadaku. Barangsiapa yang bershalawat kepadaku, maka Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali.Kemudian mintakan wasilah untukku, karena wasilah merupakan tempat di surga yang tidak layak kecuali bagi seorang hamba Allah dan aku berharap agar akulah yang mendapatkannya. Barangsiapa yang memintakan wasilah untukku maka ia akan mendapatkan syafaatku (di akhirat kelak).” (HR. Muslim)

Sahabatku yang rajin menjaga sunah,
Itulah 3 hal sederhana yang Rasulullah ajarkan namun kita sering lalai dan melupakannya, semoga dengan pengingat ini membuat kita lebih rajin dan semangat lagi mengikuti sunah sunah yang diajarkan beliau.
InsyaAllah akan saya sambung di tulisan berikutnya.

Komentar