TELADAN KHODIJAH


TELADAN KHODIJAH
Andi Abi Abdullah


Sahabatku pecinta Rasulullah,

Mempelajari kehidupan Rasulullah beserta keluarganya adalah anugerah terindah dalam kita menuntut ilmu karena akan kita temukan banyak hal indah sepanjang hidup keluarga Rasulullah. Maka tak salah bila kali ini saya ingin mengajak sahabat semua mengenang istri tersayang Rasulullah bernama Khodijah.
Mengawali pernikahan dengan sosok orang biasa, karyawannya, secara status jauh dibawah Khodijah dan umurnya yang lebih muda, semata mata karena Rasulullah memiliki akhlak mulia, itu sudah menggambarkan bahwa Khodijah adalah wanita istimewa, yang tak silau oleh gemerlap dunia.
Namun bukan itu puncak keistimewaan Khotijah, puncak keistimewaan Khodijah adalah ketika beliau selalu hadir dalam setiap masa Sulit Rasulullah Saw, seperti yang digambarkan Rasulullah :

 “Demi Allah, tidak ada ganti yang lebih baik dari dia, yang beriman kepadaku saat semua orang ingkar, yang percaya kepadaku ketika semua mendustakan, yang mengorbankan semua hartanya saat semua berusaha mempertahankannya dan darinyalah aku mendapatkan keturunan.”

Sebagai seorang istri ia hadir saat orang lain mengingkarinya
Sebagai seorang istri ia percaya ketika orang lain mendustakannya
Sebagai seorang istri ia serahkan hartanya ketika suami membutuhkannya
Sebagai seorang istri ia yang selalu menghibur dan menentramkanya.
Inilah contoh sosok istri yang istimewa, menjadi tempat kembali yang menyejukkan, melindungi, menemani, mensuport atas persoalan suami. Tidak malah menambah beban suami dengan sikap dan pernyataan yang tidak berempati atas kesulitan suami.
Seperti inilah sosok istri dunia akherat, penyerahan diri dan kepatuhannya tak terukur lagi selama tidak melanggar syariat. Karena yang di harap hanyalah ridho Suami dan ridho Allah atas segala pengorbanan tersebut.
Allah tentu tidak akan mengabaikan kesetiaan , kepatuhan dan pengorbanan seorang istri, Lihatlah apa yang Allah berikan atas kebaikan khodijah atas semua itu ?

 Malaikat jibril berkata, “Sampaikanlah salam kepada Khadijah dari Allah dan dari aku. Beritahu kepadanya bahwa baginya sudah disediakan rumah disurga terbuat dari batu permata, yang tidak ada keributan dan rasa lelah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Sahabatku pecinta Rasulullah,
Semoga yang sedikit ini dapat menambah kesejukan kita dalam membina rumah tangga, semoga dengan selalu mempelajari Shiroh rosulullah kita mampu menghadapi perjalanan hidup ini dengan indah dan berkah, bersama menuju jannah, aamiin.


Komentar