JADIKAN BULAN ROMANTIS


JADIKAN BULAN ROMANTIS

Sahabatku yang rajin puasa,
Salah satu manfaat yang kita dapatkan dari berpuasa dibulan suci ramadhan adalah kita menjadi lebih sering makan bersama  keluarga. Sebelumnya banyak yg lebih sering makan masing masing siapa yang lapar dia yang makan duluan, namun dibulan ini bisa berbuka dan sahur bersama, maka gunakanlah momen ini untuk meningkatkan hubungan, komunikasi dan keharmonisan dalam rumah tangga.
Gunakan waktu seefektif mungkin agar kebersamaan itu menjadi sarana menjaga dan meningkatkan romantisme, manfaatkan momen puasa untuk meningkatkan kualitas dalam membina hubungan suami istri.
Bila kita mampu memanfaatkan momen ini insyaAllah rumah tangga akan lebih terjaga dan kokoh menghadapi terjangan godaan kehidupan.
Ingatlah bahwa suami istri adalah pasangan yang saling melengkapi, yang memiliki tanggung jawab bersama untukmenjaga keharmonisannya, jangan hanya menunggu, namun aktiflah berusaha,
Jangan hanya menanti momen, namun ciptakan momen.
Terkadang hal sederhana , perhatian kecil, kebiasaan ringan namun sangat berkesan bagi pasangan sehingga rasa cintanya makin tumbuh dan berkembang.

Sahabatku yang gemar berpuasa,
ada sebuah riwayat bahwa Aisyah ra, punya kebiasaan menghidangkan minuman saat Rasulullah pulang dari berpergian, dan Rasulullah biasanya tidak menghabiskan minuman itu, menyisakan setengahnya untuk diminum aisyah.
Pada suatu hari Rasulullah pulang dari berpergian dan aisyah menghidangkan segelas minuman, saat sedang minum tidak ada tanda tanda Rasulullah akan menghentikan minumnya, padahal air tinggal setengah gelas, maka aisyah berkata :
“ya Rasulullah biasanya engkau berhenti minum”
Rasulullah berhenti sesaat kemudian melanjutkan minumnya.
Setelah sisa sedikit Aisyah berkata lagi,
“Ya Rasulullah biasanya engkau sisakan untukku”
Maka Rasulullah berhenti minum dan memberikan sisanya untuk Aisyah.
Setelah Aisyah menerima gelas tersebut dan meminumnya, kagetlah beliau dan memuntahkan minuman tersebut karena ternyata rasanya asin. Rupanya Aisyah salah bukannya memasukkan gula kedalam minuman justru memasukkan garam. Serta merta Aisyah minta maaf atas keteledorannya namun Rasulullah menyambutnya dengan tertawa.
Lihatlah saudaraku, hanya sekedar segelas air namun mampu menjaga keharmonisan rumah tangga, bahkan keteledoran seorang istri di tanggapi bijak oleh suami, bukan dengan marah atau mencela.
Inilah gambaran  ketika pasangan sudah saling menjaga, saling sadar akan tanggungjawab masing masing maka tidak berupaya menjadikan kesalahan kecil menjadi persoalan besar. Sebagai pasangan sudah seharusnya saling melengkapi kekurangan, saling menutupi kesalahan agar biduk rumah tangga bisa berlayar pelan dalam lautan kebahagiaan.
أُحِلَّ لَكُمْ لَيْلَةَ الصِّيَامِ الرَّفَثُ إِلَىٰ نِسَائِكُمْ ۚ هُنَّ لِبَاسٌ لَكُمْ وَأَنْتُمْ لِبَاسٌ لَهُنَّ
Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan isteri-isteri kamu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka..... (Al Baqoroh 187)

Istri adalah pakaian suami, suami adalah pakaian istri, keduanya saling menjaga dan melindungi dalam rangka menuju ridho Allah, semoga kita semua mampu meningkatkan hub ungan dengan pasangan kita sehingga romadhon kali ini bisa lebih berkesan, aamiin.


#AndiAbiAbdullah
#Ramadhanbulanharmonis


Komentar