SOMBONGKAH KITA ?


SOMBONGKAH KITA ?
Andi Abi Abdullah


Sahabatku yang dirahmati Allah,
Telah kita fahami bersama bahwa salah satu sifat yang tidak disukai Allah dan seringkali merusak hubungan pertemanan adalah sifat SOMBONG. Siapapun dia tidak suka apabila ada orang lain bersikap sombong, bahkan orang sombongpun tidak suka melihat orang lain sombong.
Namun seringkali pula  yang tidak suka dengan orang sombong justru melakukan sikap untuk menunjukkan ketidak sukaannya dengan sikap sombong pula. Mengkritik dan mencela orang sombong dengan sikap yang lebih sombong.
Ini berbeda dengan pernyataan ulama yang mengatakan “ bersikap sombong kepada orang yang sombong adalah sedekah”,  sombong yg dimaksud dalam nasehat tersebut adalah sikap menunjukan kebesaran atau kelebihan untuk menyadarkan orang yang berlaku sombong agar sadar diri bahwa diatas langit masih ada langit, sadar diri bahwa apa yg ia miliki, ia kuasai sesungguhnya milik Allah yang kapan saja bisa Allah ambil kembali.
Apapun jabatan yg di pegang saat ini, seberapapun kekayaan yang dimiliki, sepintar apapun otaknya, sebesar apapun kekuasaannya, bila Allah berkehendak dengan “ kun fa ya Kun ” maka semua itu bisa hilang dalam sesaat.
Maka rendah hatilah wahai sahabatku, janganlah  merendahkan orang lain, jangan lah bersikap angkuh, karena Allah tidak menyukai orang orang yang sombong.
كُلَّ مُخْتَالٍ فَجُوْرٍ وَلاَ تُصَعِّرْ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلاَ تَمْشِ فِي اللأَرْضِ مَرَحاً إِنَّ اللهَ لاَ يُحِبُّ
Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.” (QS. Luqman:18)


Sahabatku yang rendah hati,
Banyak jalan kesombongan yang terjadi tanpa kita sadari,
saat orang lain menunjukkan kekayaannya kita nasehati “jangan sombong” namun dengan bangga menunjukan daftar kekayaan yang dimiliki.
Saat orang lain menunjukkan keahliannya kita nasehati “jangan sombong” sambil membanggakan keahlian diri.
Saat orang lain menunjukan ilmunya kita nasehati “jangan sombong” sambil menunjukkan ilmu yg dikuasai dengan membanggakan diri.
Ini semua adalah contoh salah,  menghadapi kesombongan orang lain dengan melakukan kesombongan yang sama, yang terjadi kemudian adalah pertengkaran, pertikaian, rusaknya pertemanan.
Apakah hukuman bagi orang yang bersikap sombong?
Bisa kita lihat dalam hadist berikut :
 Pada hari kiamat orang-orang yang sombong akan digiring dan dikumpulkan seperti semut kecil, di dalam bentuk manusia, kehinaan akan meliputi mereka dari berbagai sisi. Mereka akan digiring menuju sebuah penjara di dalam Jahannam yang namanya Bulas. Api neraka yang sangat panas akan membakar mereka. Mereka  akan diminumi nanah penduduk neraka, yaitu thinatul khabal (lumpur kebinasaan). [Hadits Hasan. Riwayat al-Bukhâri dalam al-Adabul Mufrad, no. 557; Tirmidzi, no. 2492; Ahmad, 2/179; dan Nu’aim bin Hammad dalam Zawâ‘id Az-Zuhd, no. 151]

Semoga dengan saling berbagi ilmu membuat kita rendah hati
Semoga dengan saling mengingatkan membuat kita saling menyayangi
Semoga dengan saling menahan diri kita terhindar dari perpecahan
Ya Allah jauhkan kami dari sifat sombong, bangga diri, tinggi hati, dan jauhkan kami dari murkaMu juga jauh dari nerakaMU, aamiin.
 


  


Komentar