JANGAN ABAIKAN YANG KECIL


JANGAN ABAIKAN YANG KECIL
Andi Abi Abdullah


Sahabatku yang rajin beramal,
Telah kita fahami bersama bahwa Allah dengan keadilannya memberikan janji pahala kepada kita atas setiap amal baik yang kita lakukan, juga mengingatkan kita agar menjauhi perbuatan buruk/jelek  karena akan dihitung dengan dosa. Maka sudah tentu kita berlomba lomba melakukan amal baik, mengerjakan apa yang Allah perintahkan dan menjauhi apa yang dilarang semata mata mengharap ridho Allah dan mendapatkan banyak pahala.
Namun seringkali kita lalai, terlalu focus pada amal baik yang besar dan mengabaikan yang kecil, begitu juga menjauhi dosa besar namun abai terhadap dosa yang kecil, sehingga tanpa sadar terbiasa mengabaikan kebaikan kecil dan melakukan dosa yang kecil.
Sadarlah wahai saudaraku, Allah seringkali mengangkat derajat seseorang karena perbuatan baik yang kecil, karena perbuatan baik tersebut jauh dari riya dan sombong, sementara kebaikan yang besar sering kali disertai riya dan sombong baik di awal maupun di akhir perbuatan tersebut. Perbuatan besar cenderung dilihat orang dan mendapat pujian, pujian bisa menjadi awal dari rasa sombong didalam hati. Ini bisa merusak amal menjadi tidak ikhlas. Sedang amal yang kecil, yang diabaikan orang, yang tidak ternilai, cenderung dilakukan dengan ikhlas, karenanya amal itu menjadi besar dalam perhitungan Allah.

Sahabatku yang sholeh,
 Allah telah mengingatkan kepada kita dalam surat Al zalzalah ayat 7
Maka barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya,

Jangan dikira perbuatan baik yang kecil, yang sedikit kemudian di abaikan Allah, sesungguhnya Allah melalui malaikat mencatat secara rapi setiap amal baik sekecil apapun bahkan sebesar Zarrah pun, semua tercatat rapid dan akan mendapat balasan.
Maka jangan abaikan kesempatan melakukan kebaikan walau hanya kebaikan kecil.
Mengambil paku dijalanan yang membahayakan pengendara motor itu kebaikan
Menunjukan arah jalan pada yang bertanya itu kebaikan
Mendahului  membukakan pintu untuk orang lain yang mau masuk itu kebaikan
Membantu mengangkatkan barang itu kebaikan
Ikut menyebarkan info jualan orang lain itu kebaikan
Dan masih banyak kebaikan sederhana yang bisa kita lakukan namun akan bernilai besar dihadapan Allah.
Melakukan kebaikan besar tentunya sangat baik, namun kebaikan yang kecil juga tidak kalah nilainya, apalagi kebaikan tersebut telah menjadi kebiasaan, dilakukan secara terus menerus maka itu adalah amalan yang di sukai Allah.
Tersebut didalam hadist Rasulullah Saw dari ’Aisyah , beliau mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,
Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta’ala adalah amalan yang kontinu walaupun itu sedikit. (HR Muslim)

Allah tidak sekedar menilai dari besar kecilnya amal, selain niatnya harus ikhlas juga lebih disukai yang dilakukan terus menerus menjadi sebuah kebiasaan.
Semoga kita semua bisa belajar bersama memperbaiki amal yang kita lakukan, melakukan amal yang besar tanpa mengabaikan yang kecil, meluruskan niat dan menjadikan amal kebaikan tersebut menjadi kebiasaan, aamiin.




Komentar