SURAT TANPA BASMALLAH

 

SURAT TANPA BASMALLAH

Andi Abi Abdullah

 

 

Sahabatku pecinta Alqur’an,

Ada hal yang sederhana yang terlewatkan oleh kalian barang kali bahwa diantara 114 surat yang ada di dalam alquran, ada satu surat yang tidak diawali dengan kalimat “basmallah” (bismillahirrohmanirrohim) yaitu surat At Taubah.

Pernahkah terfikir oleh kita kenapa?

Sekedar untuk menambah wawasan dan pengetahuan, akan saya berikan jawabannya yang telah di sepakati para ulama.

1.      Surat At Taubah memiliki isi mirip dengan surat Al Anfal yang berisi tentang peperangan sehingga para sahabat menyimpulkan surat tersebut adalah bagian dari surat Al Anfal sehingga tidak memerlukan bismillah kembali.

Ini terlihat dalam riwayat Ibnu Abbas yang bertanya keada Sahabat Usman bin Affan yang dijawab :

 

Surat al-Anfal termasuk surat yang pertama turun di Madinah. Sedangkan surat at-Taubah, turun di akhir masa. Padahal isi at-Taubah mirip dengan surat al-Anfal. Sehingga kami (para sahabat) menduga bahwa surat at-Taubah adalah bagian dari surat al-Anfal. Hingga Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam wafat, beliau tidak menjelaskan kepada kami, bahwa at-Taubah itu bagian dari al-Anfal.
Karena alasan ini, saya urutkan al-Taubah setelah al-Anfal, dan tidak kami beri pemisah dengan tulisan bismillahirrahmanirrahim, dan aku posisikan di tujuh surat yang panjang. (HR. Ahmad 407, Turmudzi 3366, Abu Daud 786, dan dihasankan at-Turmudzi dan ad-Dzahabi)



2, Surat At Taubah isinya tentang peperangan, sikap tegas terhadap orang munafiq, sehingga tidak layak disandingkan dengan kalimat bismillah, karena bismillah berisi kedamaian , rahmat, keamanan. Ini berdasar jawaban sahabat ali bin abi tholib ketika di tanya Ibnu Abbas terkait bacaan basmallah, beliau menjawab :

Karena bismillahirrahmanirrahim isinya damai, sementara surat at-Taubah turun dengan membawa syariat perang, di sana tidak ada damai. (HR. Hakim dalam al-Mustadrak 3273)

dengan pertimbangan inilah maka tidak dituliskan kalimat basmallah di surat At Taubah namun tidak mengurangi makna dan kemuliaannya.

Sahabatku yang rajin membaca Alquran,

Itulah latar belakang tidak dituliskan kalimat basmallah di awal surat At taubah, semoga dengan menambah pengetahuan terkait alquran membuat kita makin akrab dengan Alquran, rajin membaca, memahami ajarannya, berusaha menjalankan semampunya.

Semoga dengan akrab dengannya akan membuat alquran menjadi penolong kita di akherat nanti, aamiin.

Komentar