BELUM PERNAH SHOLAT TAPI MASUK SURGA

 

BELUM PERNAH SHOLAT TAPI MASUK SURGA

Andi Abi Abdullah

 

Sahabatku yang gemar taubat,

Percayakah engkau ada orang yang belum pernah sholat sama sekali tapi bisa masuk surga? Padahal sholat adalah amalan utama yang akan di hisab pertama kali diakherat nanti.

Tentu sangat beruntung orang yang bisa seperti itu, tidak pernah sibuk menjalankan perintah Allah yang paling penting namun dihadiahi Allah dengan surga. Ia adalah Amru bin Tsabit, seorang sahabat yang memutuskan masuk islam ketika sedang perang uhud, kemudian meninggal dalam perang tersebut sebelum menjalankan ibadah apapun. Ketika peristiwa ini disampaikan kepada Rasulullah maka beliau Rasul berkomentar: “Innahu min ahlil jannah (ia termasuk dari penghuni surga) Padahal ia belum sempat shalat sama sekali.

Di kesempatan lain Rasulullah bersabda: `Amila qolilan wa ujiro (amalnya sedikit tapi mendapat ganjaran(yang besar).

Itulah kemuliaan yang didapat dari orang yang bertaubat karena dengan pertaubatannya maka dihapuskan segala catatan keburukannya, perbuatan dosanya, menjadi manusia baru yang bersih dan mulia dihadapan Allah.

Ini adalah kabar gembira buat kita semua, bagaimana Allah sangat murah hati, pengampun dan pemaaf, bahwa apabila kita mau bersungguh sungguh bertaubat atas dosa yang kita lakukan kemudian memperbaiki diri maka Allah hapus dosa tersebut dan hilang dari buku catatan amal kita.

barangsiapa bertaubat setelah melakukan kedzaliman dan memperbaiki diri, maka sesungguhnya Allah menerima taubatnya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. – (Q.S Al-Maidah: 39)

Dan Dialah yang menerima taubat dari hamba-hamba-Nya dan memaafkan kesalahan-kesalahan dan mengetahui apa yang kamu kerjakan. – (Q.S As-Syura: 25)

 

Sahabatku yang mulia,

Tak perlu risau dengan dosa lama kita yang menggunung, tak perlu kawatir dengan maksiyat masa lalu yang telah berkarat, cukup bertaubat, hentikan semua perbuatan tersebut, jauhi, lupakan, dan buka lembaran baru dengan kebaikan maka insyaAllah segala dosa masa lalu tersebut diampuni oleh Allah.

Selama ini islam KTP? Allah maha penerima taubat saudaraku, selama engkau bersungguh sungguh ingin menjadi baik, ingin taat kepada Allah. Menjalani kehidupan yang seharusnya maka Allah akan menyayangimu. Bersegeralah menyongsong rahmatNya jangan tunda sebelum terlambat, hingga nafas telah sampai tenggorokan saat ajal sudah dekat.

Dan catat baik baik wahai sahabatku, taubatnya kita sekarang tidak berarti akan kalah dan tertinggal jauh dari yang telah menjalani kebaikan puluhan tahun. Bisa jadi bila kita serius dengan taubat dan amal baik, maka Allah akan sejajarkan kita dengan mereka bahkan lebih baik lagi. Karena segala catatan buruk kita telah dihapus oleh Allah sementara mereka bisa jadi telah melakukan beberapa dosa yang tidak mereka sadari. Ingatlah hadist yang Rasulullah sampaikan :

“Wahai anak Adam, sesungguhnya jika engkau memohon dan mengharap kepadaku, niscaya Aku ampuni dosa-dosamu yang lalu dan Aku tidak peduli. Wahai anak Adam, seandainya dosa-dosamu sampai ke awan langit, kemudian engkau memohon ampun kepadaku, niscaya Aku mengampunimu dan Aku tidak peduli. Wahai anak Adam, sesungguhnya jika engkau datang kepadaku dengan dosa-dosa sepenuh bumi dan kamu menemuiKu dalam keadaan tidak menyekutukanku dengan sesuatu pun, niscaya Aku datangkan untukmu ampunan sepenuh bumi (pula). ” (HR. At-Tirmidzi).

 

Semoga yang sedikit ini bisa memotivasi kita untuk berani keluar dari zona maksiyat, menuju pintu taubat, dan menjadikan kita bersemangat menuju Rahmat, aamiin.

Komentar